EDUNEWS

FIS-H UNM dan FISIP UNEJ Jalin kerjasama MBKM

penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara program studi dalam lingkup FIS-H UNM dengan program studi di FISIP UNEJ, Kamis 1/7/2021).

MAKASSAR, EDUNEWS.ID-Bertempat di ruang Senat FIS-H UNM dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara program studi dalam lingkup FIS-H UNM dengan program studi di FISIP UNEJ, Kamis 1/7/2021).

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Dekan I FISIP UNEJ Prof Dr Zarah Puspitaningtyas, Dekan FIS-H UNM Prof Dr Jumadi M.Si  wakil dekan, ketua jurusan, dan ketua prodi dari kedua fakultas, baik secara langsung maupun secara daring via zoom.

PKS yang ditandatangani  dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan  pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, yaitu antara Prodi Sosiologi UNM dengan Prodi Sosiologi UNEJ, Prodi Administrasi Bisnis UNM dengan Prodi Administrasi Bisnis UNEJ, Prodi Administrasi Negara UNM dengan Prodi Admninstrasi Negara UNEJ, dan Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNM dengan Prodi Administrasi Bisnis UNEJ. PKS ditandangani oleh masing-masing Ketua Prodi dari FIS-H UNM, sementara prodi dari FISIP UNEJ diwakili oleh Wakil Dekan I FISIP UNEJ.

Wakil Dekan I FISIP UNEJ , Zarah Puspitaningtyas dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat antusias menyambut kegiatan tersebut yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara kedua fakultas.

“Kerjasama tersebut telah ditandatangai oleh masing-masing Dekan secara daring awal bulan Juni lalu,” ujarnya, seperti dalam rilis yang diterima edunews.id, Kamis (1/7/2021)

Ia  berharap PKS dapat ditindaklanjuti tidak hanya sebagai implementasi MBKM, seperti pertukaran mahasiswa.

“Tetapi  juga dalam pengembangan keilmuan, penelitian, dan pengabdian kepada masayarakat di antara dosen dari kedua fakultas,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FIS-H UNM, Jumadi mengungkapkan, jika kegiatan tersebut merupakan contoh best practice yang telajh dilakukan bersama.

“ Dimana MoU di antara kedua fakultas yang rasa-rasanya belum lama kita tandatangani, tetapi hari ini sudah bisa ditindaklanjuti oleh program studi dalam bentuk PKS,” kata Jumadi.

 

Jumadi berharap, PKS tersebut tidak hanya meningkatkan kualitas luaran melalui pertukaran mahasiswa nantinya.

“Tetapi juga meningkatkan kualitas tenaga dosen dari kedua fakultas melalui kegiatan-kegiatan kolaborasi,”harap Jumadi.

Lebih lanjut Jumadi menuturkan, jika program MBKM yang diluncurkan Kemendikbud Ristek Dikti sejak tahun 2020. Salah satu programnya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh perkuliahan di luar prodi melalui 8 Bentuk Kegiatan Pembelajara (BKP), di mana salah satunya adalah pertukaran mahasiswa, baik di dalam maupun di luar perguruan tinggi.

Sementara itu, Kaprodi Sosiologi UNM,  Idham IrwansyahKaprodi Sosiologi mengatakan, untuk mendukung program MBKM tentu dibutuhkan akselerasi prodi  melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

“Salah satunya prodi yang sama di perguruan tinggi lain,” urainya.

Selain itu, kata Idham, untuk mendukung BKP lain  prodi dituntut untuk juga memperluas jejaring dan membangun kerjasama dengan pihak lain yang terkait, yaitu dunia industri, LSM, sekolah, pemerintah daerah, dan sebagainya.

“Insya Allah prodi Sosiologi dan prodi lain di FIS-H UNM sudah siap mengimplementasikan MBKM dalam perkuliahan pada tahun ajaran 2021/2022 yang akan datang,” pungkasnya. (rls/sop)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top