EDUNEWS

Ingin Kuliah Sambil Dapat Cuan ? Berikut 10 Pekerjaan yang Cocok bagi Mahasiswa!

Ilustrasi

EDUNEWS.ID-Kuliah sambil bekerja bukan hal yang salah yanhg dilakukan oleh mahasiswa. Karena selain dapat tambahan penghasilan, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman yang banyak.

Namun, bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja perlu belajar mengatur waktu yang baik agar pekerjaan tidak mengganggu waktu perkuliahan. Selain itu, mahasiswa juga harus bisa memilih jenis pekerjaan yang cocok. Lantas apa saja pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa lakukan sambil kuliah?

Baca juga : Hebat! 3 Mahasiswa Kampus  UMM Dinyatakan Lulus Tanpa Skripsi

Dikutip redaksi dari detikedu, berikut 10 pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa dan edunewser lakukan sambil kuliah :

1. Content Writer
Bagi kamu yang tertarik bekerja dengan waktu fleksibel, pekerjaan sebagai content writer bisa dicoba. Kamu bisa mulai menulis dan mengirimkannya ke beberapa media online atau cetak yang bisa menerima tulisan berbayar.

Nantinya, kamu akan mendapatkan bayaran ketika tulisan kamu diterima dan naik di media tersebut. Tulisan yang dicari biasanya artikel, opini, esai, puisi, skenario atau karya sastra lainnya.

Dengan pekerjaan ini kamu tidak perlu khawatir untuk bagi waktu kuliah karena kamu bisa menulis di luar perkuliahan.

2. Copywriter
Mirip dengan content writer, pekerjaan copywriter juga memiliki waktu yang fleksibel. Dengan berkembangnya start up atau perusahaan rintisan maka pekerjaan ini akan terus dicari.

Kamu bisa mencoba pekerjaan dengan basis tulisan ini untuk menambah uang saku sekaligus menambah portofolio pengalaman.

3. Penerjemah
Bagi kamu yang gemar dan andal dalam bahasa asing kamu bisa bekerja sebagai penerjemah sebuah dokumen. Pekerjaan untuk mahasiswa yang satu ini sama hal nya dengan penulis artikel, di mana kamu dapat mengerjakan pekerjaan ini di mana saja dan kapan saja.

4. Desainer
Bagi mahasiswa desain, tentu pekerjaan menjadi desainer sangat digemari karena bisa dilakukan sambil kuliah. Desainer biasanya bisa bekerja secara individu dengan membuat project atau dengan perusahaan.

5. Editor Video
Cukup berada di depan laptop dan bekerja di kamar, pekerjaan video editor pada era digital menjadi pekerjaan menjanjikan. Selain tak perlu khawatir waktu kuliah terganggu, mahasiswa juga bisa mendapatkan uang tambahan yang lumayan besar.

6. Fotografer
Dengan modal kamera, kamu bisa melakukan pekerjaan sambil belajar di kampus tanpa terganggu, lho. Kamu bisa mulai membuat profile tentang hasil foto kamu kemudian tawarkan ke klien.

Kamu juga bisa menjual foto kamu di platform internasional seperti shutterstock atau fiverr.com untuk menghasilkan uang dengan nominal dollar.

7. Content Creator
Dunia digital tak lepas dari kebiasaan beraktivitas di media sosial. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai sebuah pekerjaan yakni content creator.

Kamu bisa membuat konten yang banyak diminati oleh mahasiswa seperti tips meraih beasiswa, tips kuliah sambil kerja, dan sebagainya.

Apabila pengikut kamu banyak, brand atau sponsor bisa melirik kamu, lho. Hal ini bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan untuk seorang mahasiswa.

8. Admin Media Sosial
Semakin banyak bisnis di media sosial otomatis membutuhkan seorang admin. Peluang ini bisa mahasiswa manfaatkan sebagai tambahan uang penghasilan.

Umumnya, pekerjaan ini bertugas mengelola media sosial seperti membuat dan mengunggah konten serta melayani pelanggan.

9. Dropshipper
Buat kamu yang suka bisnis, pekerjaan reseller atau dropshipper adalah salah satu contoh bisnis bermodal minim.

Kamu cukup menjual barang dari produsen dan bisa dipasarkan secara online atau offline. Keuntungan sebagai reseller atau dropshipper bisa diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual ke customer.

10. Guru Bimbingan Belajar
Bagi kamu yang suka mengajar dan berada di jurusan pendidikan tentu pekerjaan ini wajib kamu coba. Pekerjaan ini bisa kamu pilih karena bisa mengatur jadwal sesuai waktu kosong yang kamu punya.

Ketika kamu sudah memiliki siswa, kamu bisa mengajar di waktu libur atau di waktu senggang lain. Pekerjaan ini cukup menghasilkan karena dihitung berdasarkan sekali pertemuan untuk setiap siswa.

Nah, itulah 10 pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa lakukan sambil kuliah. Keren bukan edunewser ?

/

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top