EDUNEWS

Anies : Orang Tua Berperan Penting dalam Pendidikan Anak

Anies Baswedan

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan mengungkapkan, endidikan anak usia dini memang menjadi salah satu dasar dalam pembentukan karakter seseorang. Sehingga, kata calon gubernur DKI Jakarta ini, orang tua harus berperan dalam proses belajar anak.

Anies memang pernah membuat gebrakan berupa pendidikan keluarga, contohnya adalah gerakan mengantar anak pada hari pertama ke sekolah. Kini setelah menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies berencana meneruskan program pendidikan keluarga tersebut.

Menurut mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu, pendidikan memang berawal dari rumah, dan anak sebenarnya menghabiskan lebih banyak waktu juga bersama orang tuanya. “Nantinya orang tua akan berperan aktif dalam proses belajar anak di rumah,” kata Anies di Masjid An Nur, Kalimalang, Jakarta Timur, Ahad (22/1/2017).

Dalam kesempatan itu, Anies juga menjelaskan maksudnya membuat program mengantar anak pada jari pertama sekolah. Hal tersebut merupakan contoh nyata keterlibatan orang tua kepada proses pendidikan anaknya.

“Tujuannya agar orang tua bertemu dengan guru yang nantinya mengajar anaknya, sehingga orang tua merasa yakin kepada sekolah,” paparnya.

Maka dari itu, Anies memiliki rencana yang sama dengan mengembangkan apa yang dia lakukan di Kemendikbud ke Pemprov Jakarta. Sehingga nasib pendidikan keluarga, rutenya akan jalan terus.

“Akan kami teruskan, programnya akan jalan, dan ini masih kami rencanakan bagaimana nanti bentuknya,” kata inisiator Indonesia Mengajar itu.

TRS

To Top