Pendidikan

Ceu Popong : Tak Ada Alasan Untuk Tidak Mendukung Program DLP

Anggota Komisi X DPR Popong Otje Djundjunan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggota Komisi X DPR Popong Otje Djundjunan menilai, tak ada alasan untuk tidak mendukung Program Dokter Layanan Primer (DLP). Menurutnya, jika ditinjau dari berbagai aspek, program ini sangat bagus. Termasuk dari sudut pandang masyarakat, maupun dokter itu sendiri.

“Karena dari segala aspek, sangat bagus. Jika dilihat dari kepentingan masyarakat maupun dokter. Sehingga prodi ini memberikan pilihan karir kepada dokter, jadi bukan hanya menjadi dosen atau dokter spesialis,” kata Popong saat RDPU antara Panja Program Studi Dokter Layanan Primer (Prodi DLP) dengan pakar kedokteran di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/01/2017).

Perempuan yang biasa dipanggil Ceu Popong itu melihat asas dari Prodi DLP adalah manfaatnya yang bagus kepada masyarakat. Sementara dari aspek yuridis, putusan Mahkamah Konstitusi memutuskan telah menolak permohonan judicial review UU Pendidikan Kedokteran (Dikdok) yang diajukan oleh Perhimpunan Dokter Umum Indonesia. Sehingga pengaturan DLP dalam UU Dikdok tetap harus dijalankan.

“Dari aspek yuridis, putusan MK itu sangat jelas. Apa perlu diusik lagi? Kalau saja putusan MK diusik lagi, bagaimana hukum kita. Kita harus buktikan hukum bukan untuk dilanggar, tapi dilaksanakan,” tegas Popong.

Popong tak memungkiri, masih ada pihak-pihak yang kurang setuju terhadap program DLP ini. Sehingga ia berharap, melalui Panja Prodi DLP ini, dapat menjadi jembatan, dan permasalahan ini tidak berlarut-larut.

Politisi asal dapil Jawa Barat itu pun mendorong agar segera dipersiapkan Peratuan Pemerintah atau Peraturan Menteri, sebagai penguatan agar program ini dapat dilaksanakan.

 

 

To Top