Pendidikan

Dukung Pelaksanaan UNBK, Kemendikbud Bagikan 80.000 unit Komputer

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

MEDAN, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera membagikan sekira 80.000 komputer ke sekolah di berbagai daerah untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Paling lambat ditargetkan akhir Januari 2016 komputer itu sudah dibagikan. Yang pasti komputer itu akan dikirim, dan Kemendikbid meminta agar pihak sekolah di daerah bersiap menjalankan UNBK tahun ini,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/1/2017).

Muhadjir menyebutkan, pihaknya menargetkan pelaksanaan UNBK untuk sekolah menengah atas negeri (SMA) dan sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) mencapai 80 persen, serta sekolah menengah pertama negeri (SMPN) hingga 40 persen. Ujian nasional akan berlangsung pada pertengahan April 2017.

Sebelumnya Muhadjir mengemukakan, agar target UNBK dapat terlaksana, maka pihaknya akan mengeluarkan kebijakan kegiatan ujian tidak akan serentak dilaksanakan pada hari yang sama, sehingga siswa yang sekolahnya tidak memiliki komputer dapat mengikuti ujian di sekolah lain di rayon terdekat. Muhadjir menambahkan bahwa pelaksanaan UNBK untuk efisensi waktu dan memperkecil kecurangan.

To Top