EDUNEWS

‘Hanya dari Guru yang Terus Belajar Muncul Generasi Pembelajar’

JAKARTA, EDUNEWS.id – Sebanyak 115 guru Taman Kanak-Kanak (TK) se-Jakarta Barat mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) guru pembelajar yang diadakan oleh  Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK)  di Jakarta, Sabtu dan Ahad (27-28/8/2016).

Pelaksanaan diklat guru pembelajar ini dimentori oleh Instruktur Nasional (IN) yang sudah dilatih oleh  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).

Koordinator Instruktur Nasional TK Provinsi  DKI Jakarta Eka Putri Handayani mengatakan diklat tersebut sangat perlu bagi para guru TK.

“Guru pembelajar adalah guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan (upgrade) diri setiap saat dan di manapun,” kata Eka Putri Handayani, Ahad (28/8/2016).

Eka menambahkan, guru pembelajar adalah guru yang terus belajar dan mengembangkan diri bukan untuk pemerintah atau kepala sekolah, tapi memang sejatinya setiap pendidik atau guru adalah pembelajar.

“Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya,” tutur Eka.

Eka mengemukakan, guru pembelajar adalah guru yang senantiasa terus belajar selama dia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan.

“Oleh karena itu, ketika seorang guru memutuskan untuk berhenti atau tidak mau belajar maka pada saat itu dia berhenti menjadi guru atau pendidik,” papar Eka Putri Handayani.

To Top