Pendidikan

Komisi X Dorong Fakultas Kedokteran di PTN Terima Mahasiswa Kurang Mampu

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mendorong Fakultas Kedokteran (FK) di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk bisa menerima mahasiswa kurang mampu agar dapat mengenyam pendidikan berkategori tak murah itu.

“Terkait masalah biaya pendidikan dokter yang dianggap mahal, itu bisa dengan jalur beasiswa bidik misi. Kita berharap ada jaminan dana pendidikan bagi mereka yang tergolong tidak mampu untuk tetap menimba ilmu di kedokteran,” harap Sutan, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, kemarin (11/01/2017).

Politisi Gerindra itu menambahkan kesempatan itu ditujukan pada mereka yang mempunyai prestasi membanggakan di sekolah. Ia meminta agar siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik di sekolah mendapat prioritas diterima di FK.

Prestasi akademik itu terus dipantau selama mereka menempuh pendidikan di sekolah hingga ke dalam tahap penerimaan mahasiswa kedokteran, dengan jalan evaluasi tiap semesternya,” saran Sutan.

Selain itu, ia juga mengingatkan tentang kewajiban PTN untuk mengalokasikan kuota 20 persen bagi golongan tak mampu dari jumlah mahasiswa mereka.

“Kuota 20 persen tiap PTN untuk golongan tak mampu ini akan kita pantau bagaimana realisasinya dilapangan, jangan sampai terjadi ketidakadilan dalam hal ini. Karena penetapan kuota ini bagian dari upaya perluasan akses masyarakat terhadap pendidikan,” ingat Sutan.

Menurutnya, jangan sampai pola liberalisme dan nilai kapitalis juga menodai dunia pendidikan. Jika ini terjadi sama saja dengan memberi jalan terciptanya kondisi pendidikan hanya untuk orang kaya dan mampu membayar.

“Komisi X akan mengawal ini sekuat tenaga agar ada kesempatan yang sama bagi semua anak negeri,” katanya.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com