EDUNEWS

Majene Tertinggi Alokasi Anggaran APBD pada Sektor Pendidikan Se-Sulbar

Rizal Pauzi

MAJENE,EDUNEWS.ID- Kabupaten Majene, sebagai daerah pusat pendidikan di Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi Kabupaten yang mengalokasikan anggaran APBD tertinggi ke sektor pendidikan dibandingkan lima Kabupaten yang ada di Sulawesi Barat.

Hal ini terlihat dari angka yang diperolah dari Neraca Pendidikan Daerah (NPD) Kemdikbud untuk tahun 2016.

Berdasarkan data tersebut, pemerintah Kabupaten Majene mengalokasikan persentase anggaran urusan pendidikan dalam APBD (diluar transfer daerah) sebesar 13,4 persen dari total APBD Rp 868,4 milyar di tahun 2016. Mengalami kenaikan dari 11,8 persen pada tahun 2015.

Peneliti dari Public Policy Network (Polinet), Rizal Pauzi mengungkapkan, besaran angka alokasi anggaran pendidikan dari APBD oleh Pemerintah Majene yang menunjukkan angka lebih tinggi dibandingkan lima kabupaten lainnya sejalan dengan program Pemda Majene sebagai daerah pusat pendidikan d Sulawesi Barat.

“Hal ini tentu patut diapresiasi, apalagi besaran anggaran yang dialokasikan pemerintah Majene ke sektor pendidikan jika mengacu pada data yang kami peroleh berbanding lurus dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Majene yang menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun,” kata Rizal saat dihubungi edunews.id, Sabtu (28/1/2017).

Rizal mengungkapkan, pada tahun 2015, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Majene berada diangka 64,40. Menempati posisi lebih tinggi dari IPM Provinsi Sulbar yang berada diangka 62,96.

“Walaupun sebenarnya, Alokasi anggaran pendidikan dalam pasal 49 UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 yaitu Dana pendidikan selain gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimal 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Olehnya itu, pemerintah Majene diharapkan kedepannya mampu memenuhi amanah UU tersebut tentu dengan harapan sektor pendidikan di Majene menjadi lebih maju dengan grand desain yang lebih terukur dan jelas,” tutur mahasiswa Pasca Sarjana Unhas ini.

To Top