Pendidikan

Pakar Kedokteran minta Jalur Spesialis Setara DLP Diadakan di UU Dikdok

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pakar kedokteran Prof dr Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD menjelaskan jalur pendidikan setara spesialis untuk Program Dokter Layanan Primer (DLP) diadakan di UU Pendidikan Kedokteran (Dikdok) agar ada spesialis di layanan primer yang bekerja dengan maksimal sampai pensiun. Selama ini, sebagian besar dokter umum berada di layanan primes sebelum menjadi spesialis di pelayanan rujukan.

“Survei di mahasiswa FK Universitas Gajah Mada setiap tahun menunjukkan hasil sekitar 90 persen ingin menjadi spesialis. Mereka menjadi dokter umum di layanan primer bukan untuk berkarya sampai pensiun,” jelas Laksono saat saat RDPU antara Panja Prodi DLP di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/01/2017).

Sebelumnya anggota Komisi X DPR Popong Otje Djundjunan menilai, tak ada alasan untuk tidak mendukung Program Dokter Layanan Primer (DLP). Menurutnya, jika ditinjau dari berbagai aspek, program ini sangat bagus. Termasuk dari sudut pandang masyarakat, maupun dokter itu sendiri.

“Karena dari segala aspek, sangat bagus. Jika dilihat dari kepentingan masyarakat maupun dokter. Sehingga prodi ini memberikan pilihan karir kepada dokter, jadi bukan hanya menjadi dosen atau dokter spesialis,” kata Popong.

To Top