Pendidikan

Sebanyak 6.296 Guru akan Ditempatkan di Daerah 3T

ILUSTRASI

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun ini akan mengangkat 6.296 guru untuk ditempatkan di daerah atau pulau terluar, terdepan dan tertingal (3T). Penyebaran guru tersebut merespons instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin mengikis ketimpangan antarwilayah dan mengatasi kesenjangan sosial.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, semua guru tersebut masuk dalam program Guru Garis Depan dan diangkat sebagai aparatur sipil negara. Mereka telah lolos uji kompetensi guru pada 2016.

Menurut dia, program ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi ketimpangan jumlah guru antara di kota dan desa.

“Mereka semua tinggal ditetapkan saja, tahun ini. Lebih cepat lebih baik karena itu (pengangkatan ASN) berurusan dengan kementerian terkait. Mereka disebar merata ke semua wilayah terutama daerag 3T,” ucap Muhadjir usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Guru garis depan tersebut di antaranya ditempatkan di Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Pulau Kalimantan, Jawa Timur, NTT, NTB, Sulawesi Utara dan Pulau Sumatera. Mendikbud mengaku sedang menyiapkan mekanisme penyebarannya termasuk regulasi tambahan yang mengikat guru.

To Top