Pendidikan

UN di Kota Solo Bakal Tanpa Pengawalan Pihak Kepolisian

ilustrasi

SOLO, EDUNEWS.ID – Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 di Kota Solo bakal berlangsung tanpa pengawalan atau pengamanan dari kepolisian.

“Hal itu sebagaimana instruksi Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat rapat koordinasi terkait UN dan USBN beberapa waktu lalu,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Etty Retnowati, Senin (23/1/2017).

Etty menjelaskan, penyelenggaraan UN maupun USBN kali ini dipercayakan sepenuhnya kepada guru-guru.

“Artinya guru-guru diberi kepercayaan untuk pelaksanaan UN dan USBN ini dan diharapkan tidak ada kecurangan di situ,” kata dia.

Menjelang pelaksanaan UN dan USBN yang untuk sementara ini dijadwalkan Mei mendatang, Disdik telah mengirimkan satu guru dari Kota Solo untuk mengikuti Pelatihan Penulisan Soal-soal USBN yang diadakan Kemendikbud belum lama ini.

Kasi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo, Waliyono, mengemukakan, pembuatan soal-soal UN tahun ini masih tetap menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Sedangkan penyusunan soal-soal USBN yang diserahkan kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), akan memiliki komposisi yang terdiri atas 75 persen dibuat oleh Tim MGMP di daerah dan 25 persen dibuat oleh pemerintah pusat.

To Top