Gaya Hidup

Dokter Gizi Sebut Minum Kopi saat Sahur Berpotensi Sebabkan Dehidrasi

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kopi merupakan salah satu minuman berkafein yang digemari sebagian orang. Selain rasanya yang enak, kopi juga menawarkan berbagai manfaat, salah satunya bisa meningkatkan konsentrasi.

Eh..eh, tapi boleh nggak sih minum kopi saat sahur?

“Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar-benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur,” kata dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK dari RS Pondok Indah dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (12/4/2021).

Namun bagi yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama bulan Ramadhan. Hanya saja dari jumlahnya lebih baik dikurangi.

“Apabila kamu biasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh. Namun, jika kamu merasa tidak ada masalah, misalnya pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi, maka kamu dapat tetap menerapkan kebiasaan lama,” ungkapnya.

Selain itu, dr Tirta menjelaskan minum kopi pada saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuretik dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Efek diuretik merupakan peningkatan produksi urin, efek samping konsumsi kafein bisa saja terjadi, namun hal tersebut tergantung dari jumlah kopi dan jenisnya.

“Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur. Penerapan kebiasaan baru memang membutuhkan waktu,” kata dr Tirta.

dr Tirta menyebut, asupan makanan sehat dapat menjadi bekal agar tubuh tetap fit dalam menjalani puasa Ramadhan.

dtk

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top