Kampus

16 Januari, Unhas Akan Resmi Berstatus PTN BH

MAKASSAR, EDUNEWS.ID — Universitas Hasanuddin (UNHAS) terhitung 3 Januari 2017 lalu telah bertransformasi ke organisasi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Launching Unhas sebagai PTN BH dilaksanakan pada 16 Januari 2017 mendatang yang dihadiri Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Natsir.

Pada lanching annati, selain dihadiri kalangan internal dan organ PTN BH, juga sejumlah mitra Unhas. Pada waktu yang bersamaan, juga akan di-launching sejumlah produk inovasi Unhas, termasuk unit bisnis, dan peresmian PT Inovasi Benua Maritim (IBM) yang kelak menjadi badan usaha yang mengelola seluruh unit usaha Unhas sebagai PTN BH.

Pada rapat persiapan launhcing Unhas PTN BH yang dipimpin Wakil Rektor I Unhas Prof Junaidi selaku Plt Rektor Unhas terungkap, transformasi Unhas ke PTN BH tidak ada kaitannya dengan komersialisasi dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), tetapi karena kesiapan kineja Unhas untuk menerima penugasan otonomisasi. Besarnya SPP Unhas sudah ditetapkan Menristekdikti melalui Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Unhas menjadi PTN BH, karena dinilai kinerjanya baik, sehingga diberi otonomisasi mengelola universitas dengan format PTN BH,” kata Wakil Rektor II Unhas, Prof Syamsul Bachri.

Seluruh asset Unhas dikelola untuk kepentingan pendidikan. Pegawai negeri sipil (PNS) tetap sebagai PNS dengan memperoleh hak sebagai PNS. Sebagai PTN BH Unhas dapat menyeleksi dan mengangkat pegawai Unhas yang statusnya dan perlakuannya sama dengan PNS.

Menurut Syamsul Bachri, dengan PTN BH, Unhas memiliki fleksibilitas dalam mengatur semua penggunaan keuangan sesuai aturan. Pendanaan Unhas sebagai PTN BH tetap bersumber dari APBN, BOPTN, dana dari masyarakat, hasil kerja sama, Pemda, hibah, zakat, dan lain-lain. Semua penggunaan dana dinaungi legalitas peraturan yang ada, termasuk peraturan rektor, MWA, dan SA yang menjadi tiga organ PTN BH.

 

ABE

To Top