Nasional

Aliansi Jurnalis Indonesia Minta Konferensi Pers Tatap Muka Dikurangi

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggota Dewan Pers, Arif Zulkifli meminta semua pihak mengurangi kegiatan konferensi pers (konpers) tatap muka untuk mencegah klaster baru penularan virus corona (Covid-19). Langkah tersebut perlu dilakukan guna mencegah wartawan terpapar virus corona.

“Saya setuju dengan meningkatnya beberapa klaster dan kasus baru, mestinya kita menahan diri untuk tidak melakukan pernyataan pers yang sifatnya offline,” kata Arif kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/8/2020).

Arif menyebut konferensi pers masih dilakukan sejumlah pihak secara langsung lantaran narasumber yang tak percaya diri ketika melakukan konpers secara online.

Saat ini, kata Arif, Dewan Pers tengah menghimpun kerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan tes massal Covid-19 di kalangan wartawan. Tes tersebut untuk mengurangi rasa khawatir wartawan saat meliput peristiwa ataupun konpers.

“Jadi kita lagi susun mekanisme, siapa yang didahulukan dan sebagainya itu lagi disusun. Semoga dalam waktu dekat bisa kita terapkan. Karena saya tahu wartawan juga gelisah kalau dia tidak tahu,” katanya.

Senada, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) meminta pemerintah, baik itu kementerian atau lembaga mengurangi konferensi pers tatap muka mengundang wartawan untuk meminimalisir klaster baru penularan virus corona.

“Pemerintah melalui lembaga-lembaga negara memang sebaiknya bisa berkontribusi dengan mengurangi munculnya klaster baru dengan meminimalisir kegiatan offline. Konpers dikurangi lah,” tutur Ketua AJI Abdul Manan saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Manan mengatakan kegiatan konferensi pers yang dialihkan dari tatap muka menjadi online atau virtual tak akan mengurangi nilai informasi yang disampaikan. Menurutnya, upaya tersebut juga untuk menjaga keselamatan wartawan.

“Kecuali sesuatu yang sifatnya sangat darurat. Kalau sifatnya memberikan informasi saya kira itu kan tidak berkurang nilainya kalau disampaikan secara daring. Jadi informasi dapat, di sisi lain menjaga keselamatan wartawan,” ucapnya.

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

Di sisi lain, Manan meminta perusahaan media bisa lebih selektif dalam mengirim wartawan untuk meliput suatu kegiatan atau peristiwa. Menurutnya, perusahaan wajib melengkapi wartawann dengan alat-alat pelindung dari risiko penularan virus corona jika terpaksa menugaskan ke lapangan.

“Terakhir, wartawan juga harus punya kesadaran mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com