Nasional

Berikut Tiga Cara Paling Sehat Mengolah Wortel

Wortel/Net

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wortel kaya akan vitamin A, vitamin B, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan semua kandungan itu, wortel mesti diolah dengan benar. Berikut cara paling sehat mengolah wortel.

Wortel sebenarnya dapat dimakan langsung, tapi karena tekstur yang keras membuatnya sulit dikunyah. Untuk memudahkan, wortel dapat diolah dengan berbagai cara seperti dijus, dikukus, direbus, dipanggang, maupun digoreng. Namun, tak semua cara ini mendatangkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Menambahkan bumbu dan rempah-rempah juga dapat menambah rasa pada wortel.

Berikut 3 cara paling sehat untuk mengolah wortel.

1. Dikukus

Mengukus wortel merupakan salah satu cara yang paling sehat untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalam wortel. Mengukus, akan membuat wortel nutrisi wortel tidak bercampur dengan lemak dari minyak dan panas atau air yang terlalu lama.

Sementara merebus wortel terlalu lama dapat membuat vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C hilang.

2. Memanggang

Memanggang bisa jadi pilihan untuk mengolah wortel. Dikutip dari Live Strong, memanggang membuat nutrisi di dalam wortel tidak hilang dan tidak bercampur dengan nutrisi lain.

3. Dihaluskan

Menghaluskan wortel merupakan cara untuk mendapatkan nutrisi utuh dari wortel. Wortel halus dapat dicampur dengan berbagai macam makanan seperti meatball, nasi, mi, dan roti.

Menghaluskan wortel untuk dijadikan jus, tapi tidak membuang seratnya juga dapat menjadi pilihan. Hindari membuang ampas wortel karena banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top