Nasional

Data Nasabah Dibobol, KreditPlus Lapor ke BSSN

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kreditplus melibatkan ahli forensik digital dan melaporkan kejadian ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai tindakan penyelidikan untuk menemukan masalah pencurian data nasabah.

Direktur Kreditplus Peter Halim menjelaskan langkah tersebut untuk mengungkap siapa dalang di balik pembobolan data nasabah Kreditplus yang diduga dilakukan pihak ketiga.

“Untuk menyelidiki kasus tersebut, KreditPlus telah melibatkan ahli forensik digital terkemuka dan akan segera melaporkan kejadian ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” kata Peter dalam keterangan resmi dikutip Rabu (5/8/2020).

Kreditplus merupakan perusahaan pembiayaan sejak 1994 dan fokus pelayanan pembiayaan motor, mobil, dan peralatan berat. Namun baru-baru ini dikabarkan mengalami kebocoran data Kreditplus sebanyak 819.976 ribu.

Pakar keamanan siber dari CISSReC Pratama Persadha menjelaskan kebocoran data nasabah KreditPlus telah terjadi sejak 16 Juli 2020.

“Sebenarnya data KreditPlus sudah lama dibagikan pada pertengahan bulan lalu. Tepatnya di tanggal 16 Juli anggota raid forums dengan nama ShinyHunters,” ujar Pratama dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (3/8/2020).

Jual menjual data di raid forums bukan hal baru. Sebelumnya dari data perusahaan digital di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Bhinekka kedapatan dijual di lapak digital tersebut. Terbaru sebanyak 819 ribu nasabah KreditPlus.

Sejauh ini perusahaan telah melakukan investigasi terkait pembobolan data nasabahnya.

Dalam keterangan tertulis Kreditplus, dijelaskan perusahaan menjalankan enam langkah untuk keperluan investigasi. Berikut isinya:

Pertama, setelah adanya pemberitaan mengenai adanya kebocoran data konsumen KreditPlus, kami segera melakukan investigasi internal untuk mengetahui fakta sebenarnya.

Kedua, hasil investigasi sementara kami menunjukkan adanya tindakan pencurian data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang terkait informasi konsumen KreditPlus.

Baca Juga :   Tindaklanjuti Perkembangan Proyek Kereta Api, Jurnalis Kesulitan Temui Kepala BPN Makassar

Ketiga, KreditPlus telah melakukan tindakan cepat dengan menggunakan jasa konsultan cyber security eksternal yang sangat kompeten dan berpengalaman untuk melakukan investigasi mendalam dan komprehensif atas dugaan kebocoran data konsumen tersebut. Proses investigasi oleh konsultan cyber security eksternal tersebut saat ini masih berlangsung.

Selain melakukan investigasi, konsultan cyber security eksternal tersebut juga akan memberi rekomendasi langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan perlindungan data konsumen KreditPlus. Untuk menyelidiki kasus tersebut, KreditPlus telah melibatkan ahli forensik digital terkemuka dan akan segera melaporkan kejadian ini kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Keempat, KreditPlus juga bekerja sama dengan pihak berwenang dalam investigasi tersebut untuk memastikan agar data pribadi konsumen aman dan terlindungi.

Kelima, KreditPlus sudah menerapkan perlindungan terhadap kredensial finansial konsumen antara lain dengan menerapkan sistem kode OTP (one-time password) yang hanya bisa diakses secara real time oleh konsumen.

Kami senantiasa mengingatkan konsumen agar berhati-hati dengan tidak memberikan kode OTP dan kata sandi kepada pihak lain termasuk yang mengatasnamakan KreditPlus untuk alasan apapun. Kami juga terus melakukan edukasi kepada konsumen terkait keamanan data, seperti mengganti kata sandi secara periodik.

Keenam, konsumen dan mitra kerja KreditPlus selalu menjadi prioritas utama dan KreditPlus selalu berupaya secara maksimal untuk memastikan data konsumen dan mitra kerja kami selalu terlindungi. Kami menangani masalah keamanan ini dengan sangat serius dan terus berinvestasi untuk lebih meningkatkan keamanan di platform aplikasi kami.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com