News

Jokowi Bersyukur Manfaat Kartu Indonesia Pintar Terus Dirasakan Pelajar

JAKARTA, EDUNEWS.ID  —  Presiden Joko Widodo bersyukur manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa terus dirasakan oleh para pelajar di seluruh Tanah Air.

Pada tahun 2017 ini, pemerintah memperluas sasaran KIP, tidak hanya bagi siswa yang kurang mampu dalam ekonomi, namun juga siswa yatim piatu. Total keseluruhan anak yatim yang akan menerima KIP di seluruh Indonesia pada tahun 2017 adalah 736.848 siswa. Sementara, total seluruh siswa penerima KIP pada tahun ini ditargetkan mencapai 17,9 juta siswa.

“Alhamdulillah, manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) terus dirasakan oleh para pelajar -Jkw,” tulis Jokowi dalam akun Twitter resminya, @Jokowi, Minggu (29/1/2017) sore.

Jokowi turut menyertakan tautan video ke akun resmi YouTube miliknya. Video tersebut menampilkan testimoni sejumlah anak yatim piatu penerima KIP. Terstimoni itu diambil saat pembangunan KIP untuk siswa siswi yatim piatu se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, di Jakarta International Expo, Kemayoran, seperti dilansir Kompas Kamis lalu.

Ada siswi SMA asal Merauke yang mengaku sudah 5 tahun berpisah dari orangtuanya. Ada pula siswi SD yang tidak pernah mempunyai orang tua karena dibuang sewaktu bayi. Para siswa siswi dalam video mengaku sangat terbantu dengan adanya KIP untuk membantu pendidikan mereka. Pemegang KIP mendapat Rp 450.000 per tahun untuk siswa SD, Rp 750.000 untuk siswa SMP, dan Rp 1 Juta untuk siswa SMA.

Usai para siswa memberikan terstimoni, giliran Jokowi yang muncul dalam video. “Anak-anak Indonesia harus optimis. Jangan takut bersaing dan jangan takut berkompetisi,” kata Jokowi.

 

ABE

To Top