Nasional

Ketua DPR ‘Akom’ Hadiri Puncak Peringatan 100 Tahun Kongres SII

BANDUNG, EDUNEWS.id– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ade Komaruddin menyempatkan hadir dalam acara puncak peringatan 100 tahun National Congress Central Sarekat Islam yang dipusatkan di Bandung, Jawa Barat (14/8/2016).

Puncak perayaan peringatan 100 tahun kongres Sarikat Islam Indonesia yang pertama kalinya diadakan pada 17-24 Juni 1916 juga dilaksanakan di Bandung oleh HOS Cokroaminoto menggaungkan tema ‘Zelfbestuur’ yang menjadi cikal bakal inspirasi lahirnya kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kongres Zelfbestuur merupakan kongres pertama kali yang digelar oleh pendiri SII, HOS Cokrominoto pada 1916. Dalam kongres tersebut Cokrominoto menegaskan, Indonesia harus memililki pemerintahan sendiri agar bisa menentukan nasib sendiri.

Akom, sapaan akrab Ade Komaruddin dalam orasinya mengungkapkan, sebagai warga negara Indonesia, dirinya bangga terhadap sosok Cokroaminoto yang 100 tahun lalu mengungkapkan ide dan gagasannya tentang kemerdekaan nusantara, rakyat Indonesia dengan memilih kota Bandung.

” Kita bangga Cokro menyampaikan pidatonya di kota Bandung, kota yang selanjutnya menjadi icon perjuangan bangsa, perjuangan bangsa bangsa di dunia dari kekuasaan penjajahan. Bandung menjadi lokasi Konferensi Asia Afrika, yang sebelumnya menjadi tempat Cokro menggaungkan Zelfbestuur yang menjiwai kemerdekaan indonesia,” papar Akom dalam orasinya.
Akom menyebut, mengenang perjuangan Cokro mestinya tidak sekedar mengenang perjuangan politiknya. Tetapi juga mewarisi semangat sejarah yang diinginkan dan dicita-citakan oleh Cokro.

“Semangat dan kerja dalam menentukan nasib sendiri, kedaulatan rakyat dan bangsa, kemandirian ekonomi, peran partisipasi menuju pembangunan bangsa, sebagaimana cita perjuangan para pendiri bangsa kita,” ucapnya.

Baca Juga :   Golkar Usung Erwin Aksa Pilgub Jakarta, Pakar : Lebih Maksimal jika di DPR
Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com