News

Mensos : Jadikan Alquran Sebagai Pedoman Didik Anak

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, meminta para orang tua membuka Alquran untuk mendidik anak-anaknya. Sebab menurut Khofifah, di dalam Alquran sudah tertera jelas tata cara membentuk karakter anak.

Mensos menilai, dengan menjadikan Alquran sebagai pedoman mendidik anak, sesungguhnya kita telah menggunakan format yang Allah SWT sudah siapkan. “Ali bin Ali Thalib merupakan salah satu referensi terbaik yang bisa dijadikan pedoman,” kata Khofifah saat memberikan tausyiah pada Dzikir Nasional Republika di Masjid At Tin, Sabtu (31/12/2016).

Sejak hamil, kata Khofifah, sudah seharusnya anak dapat diperdengarkan kalimat-kalimat toyibah, agar bisa tertanam kebaikan sejak masih dari kandungan. Sedangkan, jika kita sebagai orang tua sejak mengandung sudah memperdengarkan kata-kata senonoh (tidak sopan) tentu akan terbawa ke anak.

“Menurut Ali, selama anak usia 7-10 tahun ajarkan dengan berbagai format, setelah di atas 10 tahun dampingi anak kita,” ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, mendampingi itu berarti memastikan apa yang dikenakan, dimakan, dilakukan halal dan sesuai dengan syariah Islam. Ia menekankan, pendampingan sangat penting dilakukan orang tua, supaya kita, anak-anak, keluarga dan bangsa kita diberikan barokah dari Allah SWT.

To Top