EDUNEWS

Pramuka, Wadah Pembentukan Karakter Generasi Muda Ditengah Degradasi Moral

MEDAN, EDUNEWS.ID – Pramuka menjadi ujung tombak pembentukan karakter ditengah degradasi moral yang menerpa generasi muda bangsa ini. Sebab, didalam kegiatan kepramukaan ditanamkan nilai – nilai tentang kewajiban kepada Tuhan, negara, pedulu terhadap sesama, serta menanamkan sikap disiplin bagi diri sendiri.

Begitu pula dengan Yayasan Pendidikan Syafiyyatul Amaliyyah (YPSA) yang menyadari akan krisis moral generasi muda saat ini. Hal tersebut dibuktikan dengan dikukuhkannya Pengurus Gerakan Pramuka Gugus Depan 041105 dan Gugus Depan 041106, baru – baru ini.

Pada pelantikan tersebut juga dibacakan Surat Keputusan dan pernyataan ikrar dan penandatanganan yang disaksikan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Medan Sunggal, Erwin Pajar Pohan. Diikuti dengan penyerahan bendera Gugus Depan dan penyematan tanda jabatan.

Erwin Pajar Pohan, dalam sambutannya mengatakan bahwa sumpah atau ikrar yang baru saja diucapkan dalam sebuah pelantikan merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab moral dalam mengemban suatu jabatan untuk menjalankan sebuah roda organisasi.

“Inti dari kegiatan pramuka itu sendiri adalah menanamkan nilai – nilai yang akan membentuk karakter generasi muda yang pekerti dan handal sebagai penerus bangsa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pembimbing Gugus Depan 041105/041106, Rizki Fadilah Raz juga dalam sambutannya mengucapkan selamat bekerja bagi pengurus yang baru saja dikukuhkan dan ia berharap kedepannya gerakam pramuka di YPSA semakin berkembang dengan baik.

“Minat para pelajar di YPSA untuk kegiatan pramuka juga meningkat. Dan selamat untuk pengurus yang baru semoga Allah SWT meridhoi langkah kita dalam membentuk dan memajukan generasi muda bangsa ini,” tegasnya.

Diakhir acara, seluruh peserta menyanyikan Hymne Satya Darma Pramuka dan sesi foto bersama pengurus Gugus Depan YPSA dan Kwartir Ranting.

To Top