Nasional

Program Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Buka Gelombang 8

JAKARTA, EDUNEWS.ID  – Program Kartu Prakerja gelombang 8 resmi dibuka Kamis (10/9/2020) kemarin. Sama dengan gelombang sebelumnya, akan ada 800 ribu pekerja yang akan menerima pelatihan dan stimulus tunai Rp600 ribu dalam gelombang ini.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyebut dalam setiap gelombang pendaftaran, selalu saja pendaftar jauh melebihi kuota yang disediakan. Dia mencontohkan gelombang VII yang diikuti oleh lebih dari 2,8 juta orang, timpang dengan kuota yang disediakan yakni 800 ribu.

Lebih lanjut, Louisa menyebutkan bahwa proses seleksi dilakukan secara otomatis oleh sistem, sehingga PMO tak secara manual menentukan siapa saja yang akan dipilih.

Namun, secara prinsip ada beberapa variabel yang menjadi acuan seleksi. Salah satunya, yaitu pendaftar tergolong sebagai masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.

“Proses seleksi dilakukan oleh sistem dengan memperhatikan beberapa variabel, misalnya apakah pendaftar tersebut adalah mereka yang terdampak pandemi,” ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (11/9/2020).

Ia menyadari banyaknya pendaftar kecewa yang belum kunjung terseleksi meski sudah mendaftarkan diri sejak awal program diluncurkan. Meski tak merinci apa saja kesalahan umum yang dilakukan pendaftar, namun kuncinya yaitu ketelitian saat mendaftar. Pastikan input data diri tepat.

Oleh karena itu, Kartu Prakerja mulai menyediakan sistem pengaduan untuk mengevaluasi penyebab mereka yang telah mencoba lebih dari tiga kali tak kunjung terpilih. Namun, ia tak memastikan jika aplikasi pengaduan akan diprioritaskan dari pendaftar baru.

“Sistem pengaduan yang kami lakukan ini adalah untuk memastikan bahwa mereka yang telah mencoba lebih dari 3 kali dapat dievaluasi kembali kelayakannya,” ujarnya.

Melansir dari akun Instagram (IG) program @prakerja.go.id, untuk mereka yang ingin mengadu, diharuskan membuat surat yang menyatakan telah gagal minimal tiga kali dan dikirimkan ke email [email protected], penelusuran akan dilakukan oleh

Baca Juga :   PSI Jagokan Kaesang di Pilgub DKI Jakarta

PMO untuk mencari tahu penyebab aplikasi ditolak berkali-kali. Peserta dapat mengunduh format surat jadi di https://bit.ly/suratpernyataangagalprakerja.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com