Nasional

Selama Lebaran, Wisatawan di DIY Meningkat 20 Persen

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Jumlah kunjungan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta selama libur Lebaran 2019 tercatat mencapai 1.320.882 wisatawan atau meningkat 15-20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Yang tertinggi (kunjungan wisata) di Kabupaten Sleman, lalu Bantul, dan Gunung Kidul,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo saat ditemui di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, destinasi wisata yang paling dominan dikunjungi wisatawan adalah kelompok destinasi wisata alam seperti Pantai Parangtritis, kawasan hutan Mangunan di Kabupaten Bantul yang menghubungkan sejumlah destinasi alam menarik di kawasan perbukitan.

Selain Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, destinasi wisata alam lainnya yang banyak dikunjungi adalah Telaga Biru di Semin, Gunung Kidul, dan Kali Biru di Kulon Progo, serta Taman Tebing Breksi di Sleman. “Tetapi yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Parangtritis,” jelas dia.

Pada lebaran tahun ini, menurut dia, pemudik dan wisatawan lebih banyak menggunakan jalur darat yakni Tol Trans-Jawa. Hal ini, membuat jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di DIY mengalami peningkatan.

“Transportasi darat bisa menambah jumlah. Niat awal dengan pesawat, lalu memilih dengan mobil kan bisa lebih dari dua orang,” ucapnya.

Sementara itu, untuk kemacetan menuju destinasi wisata tidak banyak dikeluhkan oleh wisatawan sebab jalur menuju destinasi wisata terbilang lancar.

“Persiapan sudah dilakukan secara matang oleh stakeholder pariwisata baik Kepolisian, Dinas Perhubungan. Jadi sudah diatur sedemikian rupa agar jalan dan jalur menuju destinasi wisata tidak menimbulkan kemacetan,” ujar dia.

ant

Baca Juga :   PSI Jagokan Kaesang di Pilgub DKI Jakarta

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com