Kampus

Sudah 2017, Apa Kabar Institut Teknologi Habibie

PAREPARE, EDUNEWS.ID — Sudah memasuki tahun 2017, namun kabar pembangunan Institut Teknologi Habibie (ITH) di Kota Parepare lama tak terdengar. Namun Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe memastikan pembangunan kampus itu segera diwujudkan.

Saat ini, ITH sisa menunggu izin operasional dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikti). “Karena ITH statusnya merupakan PTN, maka setiap prosesnya tidak terlepas dari pembiayaan dari negara. Persoalannya kemudian, kondisi fiskal negara saat ini masih terganggu. Sehingga menghambat proses itu,” kata Taufan, dilansir Rakyatku, Selasa (3/1/2016) lalu.

Kabar baiknya, kata Taufan, Dana Infrastruktur Daerah (DID) dari APBN untuk pembangunan kampus itu naik menjadi Rp1 triliun.

“Dan pembangunan ITH tidak akan terkena dampak moratorium karena sudah sejak tahun 2014 lalu diajukan dan telah menjadi skala prioritas di Kemenrsitekdikti. Kita saat ini fokus di Kementrian Keuangan untuk pendanaannya,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir menjanjikan segera menerbitkan izin operasional bagi ITH pada 23 Februari 2016.

Nasir menegaskan, percepatan penerbitan izin operasional ITH sangat penting guna mendukung visi Kemenristekdikti menghadirkan perguruan tinggi yang fokus pada keilmuan tertentu.

Nasir menyatakan dukungannya terhadap pembangunan perguruan tinggi yang fokus pada bidang khusus yang dibutuhkan masyarakat di kawasan timur Indonesia, seperti ITH.

Peletakan batu pertama pembangunan kampus ITH telah dilakukan BJ Habibie pada 27 Agustus 2014. Sejak saat itu, pembangunan kampus terkatung-katung.

Rencana perkuliahan di bekas Gedung Pemuda, yang seharusnya bisa dimulai awal 2015 lalu juga terus tertunda. Renovasi Gedung Pemuda yang pernah terbakar tak kunjung dimulai.

 

ABE

To Top