Nasional

Vaksin Covid 19 Merah Putih 2 Kali Disuntik, Ini Alasannya

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan dan Protein Desain LIPI, Wien Kusharyoto menjelaskan alasan vaksin merah putih untuk vaksin corona Covid-19 membutuhkan dua kali suntikan agar manjur melawan virus.

Wien mengatakan suntikan pertama untuk memicu respons kekebalan awal. Suntikan kedua bisa menguatkan respons imun yang telah terbentuk

“Suntikan pertama untuk memicu respons kekebalan awal terhadap vaksin yang diberikan. Suntikan kedua dapat meningkatkan kekuatan respons imun yang sebelumnya sudah terbentuk,” kata Wien saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (10/9/2020).

Senada dengan Wien, Staf Khusus Menristek/ Kepala BRIN, Ekoputro Adiyajanto mengatakan dua kali suntikan membuat kemanjuran vaksin semakin tinggi.

Eko menjelaskan pembentukan antibodi untuk melawan virus tergantung dari apa yang disebut dengan efficacy atau kemanjuran dari vaksin.

“Tentu efficacy atau kemanjuran vaksin diharapkan dapat semakin tinggi. Ini baru terlihat setelah melalui berbagai tahapan pengembangan sampai dengan uji klinis,” tutur Eko.

Eko menjelaskan pembentukan antibodi untuk melawan virus tergantung dari apa yang disebut dengan efficacy atau kemanjuran dari vaksin.

WHO menyarankan kemanjuran minimum 50 persen dari skala 100 persen kemanjuran. Selain itu vaksin juga harus membentuk antibodi setelah vaksinasi.

“Kalau katakan vaksin dengan kemanjuran 50 persen dan antibodi terbentuk dengan baik setelah vaksinasi, maka mungkin seseorang hanya sekali dilakukan vaksinasi. Namun yang lebih aman maka memang lebih baik dalam periode tertentu setiap orang diberikan vaksinasi 2 kali,” ucap Eko.

Dua dosis vaksin dinilai sebagai dosis yang wajar. Sejumlah vaksin seperti cacar air, hepatitis A, herpes zoster (cacar ular) juga memerlukan dua dosis vaksin untuk mencegah penyakit tersebut. Beberapa vaksin bahkan membutuhkan dosis lebih banyak seperti vaksin DTaP untuk difteri, tetanus, dan pertusis.

Sebelumnya, Bill Gates menyatakan setiap orang membutuhkan beberapa dosis vaksin corona untuk memberikan imunitas dari penyakit Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2.

Pria yang menjadi pendiri yayasan kemanusiaan yang bergerak di bidang kesehatan, Bill dan Melinda Gates Foundation, ini menyebut vaksin Covid-19 yang saat ini dikembangkan diperkirakan tidak akan memberikan hasil yang optimal jika diberikan hanya sekali.

Sehingga, mantan bos Microsoft ini mengingatkan pentingnya produksi massal vaksin corona. Sebab, setiap orang di seluruh dunia bakal membutuhkan lebih dari sekali suntikan vaksin.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top