News

Minat Daftar Sekolah Kedinasan 2024, Begini Caranya!

Ilustrasi Taruna Sekolah Kedinasan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Bagi yang ingin daftar sekolah kedinasan tahun 2024, sebelum mendaftar di laman sekolah tujuan, calon taruna harus membuat akun di website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di laman dikdin.bkn.go.id.
Pada situs resmi dikdin bkn, calon taruna wajib membuat akun Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) terlebih dulu, kemudian isikan juga biodata yang dibutuhkan.

Perlu diingat juga dalam memilih sekolah kedinasan tujuan, harus berhati-hati, karena setiap calon taruna hanya boleh memilih satu sekolah kedinasan dan tidak ada kesempatan untuk mengubahnya jika pendaftaran di website BKN sudah selesai dilakukan.

Oleh sebab itu, perhatikan cara daftar sekolah kedinasan berikut ini berdasarkan yang termuat dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024.

Dokumen Syarat Daftar Sekolah Kedinasan 2024

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Rapor SMA/sederajat
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan sekolah kedinasan yang ditujuan

Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2024
Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

  1. Klik “Registrasi” atau “Daftar”
  2. Masukan nomor KK atau NIK, nama lengkap, tanggal lahir, kabupaten/kota sesuai KTP
  3. Masukan kode captcha yang muncul
  4. Klik “Lanjutkan” lalu akan muncul form pendaftaran Akun SSCASN
  5. Lengkapi biodata seperti alamat, tempat lahir, tanggal lahir, dan lainnya
  6. Unggah pas foto dengan latar belakang merah berformat JPG minimal 120 KB, maksimal 200 KB
  7. Pastikan mengisi semua data yang benar lalu klik “Lanjutkan
  8. Cek kembali data, jika ada yang salah klik “Kembali” dan jika sudah benar klik “Proses Pendaftaran Akun”
  9. Klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Informasi Akun” sebagai bukti
  10. Klik “Lanjutkan Login Pendaftaran”.

Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan

  1. Setelah akun SSCASN berhasil dibuat kemudian login ke https:daftar-dikdin.bkn.go.id/login
  2. Pada saat mengakses halaman tersebut, pastikan kamera pada device aktif dan browser yang direkomendasi menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru
  3. Masukkan NIK dan password yang telah didaftarkan di laman Form Biodata Peserta
  4. Unggah swafoto memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  5. Mengisi biodata diri, keluarga, dan lainnya dengan lengkap.

Mendaftar Formasi Sekolah Kedinasan

  1. Setelah mengisi biodata diri, pilih sekolah dan jenis formasi sesuai minat
  2. Klik tombol “Pilih” dan pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK asal
  3. Isi nama sekolah sesuai ijazah, tahun lulus, nomor ijazah dan pendidikan terakhir
  4. Isi kode captcha yang muncul
  5. Klik “Selanjutnya”, jika ada data yang belum terisi akan muncul keterangan “Harap mengisi bagian yang ditandai dengan merah sebelum menyimpan”
  6. Jika sudah lengkap, kemudian mengisi nilai rapor
  7. Lalu, unggah semua jenis dokumen yang dibutuhkan
  8. Selesai mengunggah dokumen, kemudian akan muncul resume pendaftaran peserta
  9. Periksa kembali resume. Jika semua data yang tertera sudah benar, peserta bisa klik “Akhiri Proses Pendaftaran”
  10. Setelah klik tombol tersebut, peserta tidak dapat mengubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun
  11. Lalu klik tombol “Iya” dan “Cetak Kartu Informasi Akun”
  12. Setelahnya akan muncul “Cetak Kartu Pendaftaran DIkdin” lalu klik tombol tersebut.

Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2024

  • Pengumuman seleksi: 14-28 Mei 2024
  • Pendaftaran seleksi: 15 Mei-13 Juni 2024
  • Seleksi administrasi: 15 Mei-17 Juni 2024
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi: 18-20 Juni 2024
  • Penarikan data final: 21-23 Juni 2024
  • Pembuatan kode billing PNBP: 24-26 Juni 2024
  • Pembayaran PNBP: 27 Juni-5 Juli 2024
  • Validasi data peserta yang membayar PNBP: 6-8 Juli 2024
  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): 9-12 Juli 2024
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD: 13-17 Juli 2024
  • Pelaksanaan SKD: 18 Juli-6 Agustus 2024
  • Pengolahan nilai SKD: 23 Juli-9 Agustus 2024
  • Pengumuman hasil SKD: 10-13 Agustus 2024
  • Pembuatan kode billing PNBP seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 14-15 Agustus 2024
  • Pembayaran PNBP seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 16-22 Agustus 2024
  • Validasi data peserta yang membayar PNBP seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 23-24 Agustus 2024
  • Penjadwalan seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 25-26 Agustus 2024
  • Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 27-29 Agustus 2024
  • Pelaksanaan seleksi lanjutan dengan CAT BKN: 30-31 Agustus 2024
  • Pelaksanaan seleksi lanjutan Non CAT BKN: 14 Agustus – 12 September 2024
  • Input hasil seleksi lanjutan Non CAT BKN ke SSCASN: 13-27 September 2024
  • Pengumuman kelulusan akhir oleh kementerian/lembaga: 28-30 September 2024

Demikian cara daftar sekolah kedinasan tahun 2024. Bagi  yang belum mendaftar, yuk segera persiapkan dokumen yang diperlukan!

Sumber: detikedu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

  • redaksi@edunews.id
  • redaksiedunews@gmail.com

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top