MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pemerintah Kota Makassar mengambil langkah inovatif untuk memperkuat karakter dan identitas budaya pada generasi muda.
Bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM), Pemkot akan mengimplementasikan kurikulum muatan lokal yang berfokus pada nilai-nilai budaya Bugis-Makassar di seluruh sekolah dasar di kota ini.
Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin, menyatakan kurikulum ini merupakan respons terhadap tantangan modernisasi dan arus digital yang masif.
“Saya yakin pendidikan dasar tidak hanya membentuk kecerdasan, tapi juga membangun akhlak dan karakter,” ujar Munafri saat pertemuan di Balai Kota, dikutip Selasa (23/9/2025).
“Karena itu, bersama Universitas Negeri Makassar, kami merancang kurikulum muatan lokal yang menghadirkan kembali nilai budaya Bugis-Makassar di ruang kelas,” tambahnya
Menurutnya, penguatan karakter melalui budaya adalah kunci agar anak-anak Makassar tidak kehilangan jati diri. “Akar budaya dan tata krama adalah bekal penting bagi anak-anak Makassar agar mampu menghadapi derasnya arus digital tanpa kehilangan jati diri,” tambahnya.
Sebelum kurikulum ini resmi dijalankan, Munafri menekankan pentingnya pembenahan karakter guru sebagai langkah awal.
“Itulah sebabnya, pembenahan karakter guru menjadi langkah pertama agar nilai-nilai ini bisa tertanam dengan kuat,” katanya.
Harapannya, kurikulum ini tidak hanya menjadi materi pelajaran tambahan, melainkan sebuah warisan yang terus hidup.
“Harapan kami, kurikulum ini bukan sekadar materi tambahan, melainkan warisan hidup yang membentuk generasi Makassar yang cerdas, beretika, dan bangga pada budayanya,” jelas Munafri.
Ia juga optimis bahwa langkah ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain. “Dari Makassar, kita tunjukkan bahwa modernitas bisa berjalan seiring dengan kearifan lokal,” ungkapnya.
Rencananya, kurikulum muatan lokal ini akan mulai diterapkan secara bertahap di tahun ajaran mendatang, diawali dengan pelatihan intensif bagi para guru dan pengembangan materi ajar yang relevan dan menarik bagi siswa sekolah dasar. (**)
