Ekonomi

Trump Jadi Presiden AS, Begini yang akan Dilakukan Apindo

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Donald Trump telah berhasil memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Kemenangan Trump pun diprediksi akan berdampak pada ekonomi Indonesia sepanjang 2017.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani menuturkan, para pengusaha telah melihat dari dua sisi atas terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

Pada satu sisi, kebijakan proteksi ekonomi yang akan diterapkan oleh Trump diprediksi akan berdampak pada hubungan dagang Indonesia dengan beberapa negara lainnya, terutama adalah China. Namun, pada sisi lain, keadaan ini justru dapat berdampak pada tumbuhnya industri secara nasional.

“Memang ada ketidakpastian dan ini harus dihadapi. Tapi bagi pengusaha kita akan tingkatkan produksi dalam negeri,” kata Haryadi dikutip dari  Okezone, Sabtu (19/11/2016)

Haryadi menambahkan, selama ini Indonesia dan pasar regional belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh para pengusaha. Untuk itu, apabila Trump tetap menerapkan kebijakan proteksi ekonomi, maka hal ini dapat menjadi faktor pendorong bagi dunia usaha di Indonesia untuk melirik potensi pasar yang dimiliki di Indonesia dan negara lainnya.

“Ini yang akan kita lakukan. Kita tingkatkan produksi untuk menyasar pasar dalam negeri juga,” tutupnya.

 

Sumber  : okezone

To Top