MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Gelombang 113 adakan program kerja pembuatan landing page berupa stiker QR code untuk mendukung perkembangan digitalisasi UMKM masyarakat.
Kegiatan ini bertempat di Kelurahan Tiro Sompe, Kota Pare-Pare, Kamis (23/01/2025).
Penanggung jawab program kerja, Gunawan Wijaya menuturkan, program kerja ini bertujuan untuk mendukung promosi digital UMKM dengan lebih mudah dan efisien dikarenakan promosi tradisional (seperti brosur atau dari mulut ke mulut) masih memiliki keterbatasan
baik dari segi jangkauan maupun waktu.
“Di era digital saat ini, banyak orang cenderung mengiginkan akses informasi yang cepat, dimana hal ini tidak dapat sepenuhnya terpenuhi oleh promosi tradisional. Oleh karena itu, pelaku UMKM juga perlu melakukan penyesuaian terkait dengan strategi promosi mereka agar tetap memiliki daya saing yang kuat terhadap UMKM lainnya” tutur Gunawan.
Program kerja ini dimulai dengan wawancara bersama pelaku UMKM untuk membahas mengenai informasi umum UMKM (seperti alamat lengkap), informasi kontak pelaku UMKM, serta informasi mengenai produk yang ditawarkan oleh UMKM.
Selanjutnya, akan dibuat landing page menggunakan layanan Linktee untuk UMKM berdasarkan data yang telah diperoleh dalam proses wawancara.
Landing page yang telah dibuat nantinya akan dikemas dalam bentuk stiker QR code sehingga
pelanggan dapat mengaksesnya dengan mudah melalui perangkat (handphone) mereka.
Agar pelaku UMKM dapat mengoperasikan landing page mereka secara mandiri, penanggung jawab program kerja, Gunawan Wijaya, juga memberikan pengenalan dan tutorial singkat bagaimana cara mengoperasikan landing page kepada pelaku UMKM.
Dengan adanya program kerja ini, Gunawan berharap agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan
teknologi yang ada sebaik mungkin agar usaha dapat berkembang ke arah yang lebih maju, mengikuti perkembangan zaman, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
