Aspirasi

Ketua HMI Takalar Kecam Kapolrestabes Makassar, Antipati-Kriminalisasi Aktivis

Ketua HMI Cabang Takalar, Kasim

TAKALAR, EDUNEWS.ID – Aksi demonstrasi yang digelar didepan kampus Universitas Muhammadiyah Makasssar berakhir ricuh pada Senin, 08 Juli 2024.

Akibatnya, delapan mahasiswa diamankan polisi dan ditetapkan sebagai tersangka.

Ketua HMI Cabang Takalar angkat bicara terkait insiden ini.

Menurutnya tensi polisi yang harusnya mengayomi dan mengawal penyampaian aspirasi akhir-akhir ini kurang terkontrol.

Dinegara demokrasi ini seseorang menyampaikan pendapat dimuka umum adalah hal yang sangat wajar apatalagi dilindungi oleh undang-undang bukan malah dibubarkan dan dikriminalisasi seperti ini.

“Kami mengamati insiden yang terjadi dalam beberapa video lengkap yang beredar, serta informasi yang berhasil kami tampung dari saksi mata yang ada disekitar lokasi bahwa aksi demonstrasi sudah akan berakhir, pembacaan pernyataan sikap sudah selesai yang kita pahami dalam dunia demonstrasi jika pernyataan sikap sudah dibaca maka giat demonstrasi sudah akan selesai, namun tiba-tiba direpresif,” ujar Kasim.

“Bukan hanya karena beberapa kawan kami yang ditahan lebih dari itu kami khawatir terhadap citra demokrasi dan upaya kriminalisasi yang kian dilekatkan pada aktivis. Kami sangat menyayangkan juga sikap media yang seakan-akan menywberkan informasi yang tidak berimbang dalam artian tidak menyampaikan fakta dan tidak kredibel,” tambahnya.

“Ini tentunya menjadi sinyal perjuangan untuk seluruh kader HMI di Sulawesi selatan dan barat, pasalnya dalam proses hukum yang menyangkut adek-adek kita sepertinya ada yang tidak logis, karena terlihat pihak kepolisian memutuskan suatu kasus atas dasar yang subjektif tanpa pembelaan dari kedelapan yang terduga pelaku yang hari ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan dipublish potonya menggunakan baju tahanan, sangat miris tentunya kita melihat itu,” sambung Kasim.

“Bapak kapolrestabes Makassar tentunya harus objektif dalam hal ini, untuk meminimalisir gejolak-gejolak gerakan besar yang akan datang. Kami dari HMI cab.Takalar sangat prihatin terhadap apa yang dialami oleh kader kami dan secara umum aktivis-aktivis seluruh indonesia yang hari ini sedang dicabik-cabik kebebasannya. Waktu dekat ini kami dari HMI Cab.Takalar akan melakukan aksi demonstrasi didepan polres Takalar untuk menuntut kebebasan kawan kami,” tutup Kasim.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com