DAERAH

Anies Baswedan: Didik Kesetaraan Melalui Transformasi Fasilitas Publik

Anies Baswedan hadiri silaturahmi dan Dialog Kebangsaan di Hotel Claro Makassar, Sabtu (22/1/2022)

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menekankan bahwa negara harus membangun fasilitas publik yang mendidik kesetaraan dan keadilan.

Hal ini disampaikannya dalam Silaturahmi Terbuka dan Dialog Kebangsaan bersama warga Sulawesi Selatan di Hotel Claro Makassar, Sabtu (22/1/2022).

“Ada satu tempat yang kalau kita datangi pasti setarai, yaitu tempat ibadah. Mau kaya atau miskin, pas datang salat percaya diri maju di saf paling depan. Karena memang didesain seperti itu. Nah, negara juga mesti belajar itu,” ujarnya.

Anies menyebut bahwa ke depannya, fasilitas publik perlu didesain untuk mendidik kesetaraan dan rasa keadilan warga negara. Hal ini akan mendukung terciptanya persatuan.

“Kalau bikin kendaraan umum, orang mesti dididik bangun kesetaraan. Seperti di Jakarta, tidak ada VIP atau kelas ekonomi. Nampaknya sederhana. Tapi itu membangun kesetaraan, mendorong perilaku,” terangnya.

Dia juga menyebut bentuk transformasi fasilitas publik lainnya dengan mengangkat Jakarta sebagai contoh, seperti IMB per RT di beberapa tanah sengketa BUMD, meningkatnya jumlah trotoar pejalan kaki, dan PBB yang tidak tinggi.

“Persatuan tidak bisa ada dalam ketimpangan, hanya bisa kalau ada rasa keadilan. Jadi kalau bangun fasilitas, perlu dipikirkan rakyatnya. Didik agar merasa setara. Supaya ada perubahan perilaku,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top