DAERAH

Dewan Pengawas PISPI Harap Regenerasi Pertanian dan alih Fungsi Lahan yang Rugikan Investasi Jadi Perhatian Serius

Wakil Ketua Dewan Pengawas PISPI Salman Dianda Anwar,

POLMAN, EDUNEWS.ID-Koordinator Presidium Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Dr H Agus Ambo Djiwa melantik secara resmi pengurus BPW PISPI Sulbar di ruang pola Kantor Bupati Polman, Senin (24/1/2022).

Agus hadir bersama Sekjen PISPI Kamhar Lakumani, Wakil Ketua Dewan Pengawas PISPI Salman Dianda Anwar, Duta Petani Milenial kementan yang juga pengurus BPP PISPI Graha Abdi Pasyaman.

Di hadapan para sarjana pertanian, Agus yang merupakan mantan Bupati Pasangkayu dua periode memberi motivasi dan semangat untuk memajukan sektor pertanian khususnya Sulbar. Sehingga terwujud kedaulatan pangan, sejalan dengan tema pelantikan dan seminar nasional PISPI Sulbar yaitu Petani Milenial dan Regenerasi Pertanian untuk Kedaulatan Pangan.

“PISPI adalah panggilan mulia untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan pertanian serta memperkuat jati diri bangsa sebagai bangsa agraris yang berdaulat dan bermartabat,” kata Agus.

Ia menambahkan, sarjana pertanian sebagai kekuatan sumber daya manusia (SDM) pertanian Indonesia yang dilandasi semangat dan idealisme untuk menggerakkan pertanian nasional memiliki panggilan untuk terus meningkatkan profesionalitasnya.
Diharapkan sarjana pertanian mampu bersinergi dengan para pemangku kepentingan lainnya, guna mewujudkan pembangunan pertanian yang berkeadilan dan mensejahterakan.

Menurut Agus, peran sarjana pertanian ke depan akan sangat vital, di mana 100 tahun sejak Indonesia merdeka yaitu pada tahun 2045 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan di atas 322 juta. Lalu, bagaimana cara memberi makan penduduk sebanyak itu, di tengah ancaman krisis pangan global yang diprediksi FAO karena pemanasan global, meningkatnya bencana alam, persaingan pangan, pakan dan bahan bakar nabati.

Untuk menjawab tantangan tersebut, mau tidak mau maka peningkatan SDM dan regenerasi pertanian harus ditingkatkan untuk penguasaan ilmu pengetahuan, inovasi dan teknologi di bidang pertanian dan pangan, di tengah keterbatasan luas lahan bahkan penurunan luas serta kualitas lahan pertanian di Indonesia.

“Sehingga sangat relevan bila pelantikan dan seminar nasional BPW PISPI Sulbar mengangkat tema Petani Milenial dan Regenerasi Pertanian untuk kedaulatan pangan, dengan menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten,” ujar Ketua DPD PDIP Sulbar ini.

Adapun pemateri pada seminar nasional adalah Rektor IPB yang juga Ketua Dewan Pakar PISPI Prof Dr Arif Satria, Presidium PISPI yang juga Dekan Faperta UGM dua periode Dr Jamhari, Dekan Faperta Unsulbar Prof Dr Kaimuddin, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Sulbar Muhtar, dan Duta Petani Milenial Kementan Graha Abdi Pasyaman.

Hadir pada acara ini, Staf Ahli Gubernur bidang ekonomi dan keuangan Syaharuddin yang mewakili Gubernur Sulbar, Wakil Bupati Polman Natsir Rahmat, Rektor Unasman Dr Chuduriah Sahabuddin, Ketua BPW PISPI Sulbar Dr Harli A Karim, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Sedangkan para sarjana pertanian yang dilantik sebagai pengurus PISPI Sulbar berasal dari berbagai latar profesi dan berdomisili di enam kabupaten di Sulbar.
Ada yang hadir langsung di lokasi acara di Kantor Bupati Polman, adapula yang hadir secara online melalui meeting zoom. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top