DAERAH

Gaduh di Masyarakat, PW SEMMI Sulbar Desak Kadispora Sulbar Klarifikasi Soal Pengguguran Paskibraka

Pimpinan Wilayah SEMMI Sulbar, Muhammad Syukran Tahir.

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pengurus Wilayah Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (PW SEMMI) Sulawesi Barat mendesak kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulbar untuk segera mengklarifikasi informasi yang beredar di media sosial soal penguguran utusan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dinilai sepihak.

Hal tersebut disampaikan oleh, Pimpinan Wilayah SEMMI Sulbar, Muhammad Syukran Tahir kepada wartawan edunews.id, Jumat (30/07/2021).

Ia menilai gugurnya atau pembatalan ke Ibu Kota Jakarta dua Paskibraka Sulbar asal Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamasa harus dipertanggungjawabkan ke publik.

“Penanggung jawab dalam hal ini Kadispora Sulawesi Barat harus segerah mengklarifikasi dan masih ada waktu untuk memperbaikinya,” katanya.

Ia menganggap kejadian tersebut bisa menjadi masalah sosial dan berefek buruk terhadap kepercayaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Ia berharap segala pemilihan yang dilakukan di Sulbar harus sesuai dengan aturan, transparansi ke publik sehingga anak berprestasilah yang pantas berangkat ke pusat.

“Kita ingin melihat Sulbar bersih dari praktek Nepotisme dan selalu ada ruang bagi mereka yang berprestasi,” harapnya.

Pemuda Mejene Minta Kadispora Sulbar Dicopot

Sebelumnya dikabarkan, Pemuda asal Kabupaten Majene, Muhammad Husni menyesalkan keputusuan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemuda (Kadispora) Sulbar yang diduga melakukan pembatalan sepihak dua Paskibraka yang sebelumnya dinyatakan lulus ke Jakarta.

Menurutnya, keputusan Kadispora Sulbar dinilai tidak transparan dan terkesan nepotisme dalam proses pembatalan Paskibraka.

“Keputusan Kadispora ini tidak transparan, sepihak dan terkesan nepotisme, karena sebelumnya sudah dinyatakan lolos namun tiba-tiba dibatalkan dan digantikan oleh bukan cadangan dari sebelumnya,” terang Husni.

Oleh karena itu lanjut Husni, menilai Kadispora Sulbar gagal menjalankan pemerintahan secara profesional dan memintak gubernur Sulbar mencopot Kadispora.

“Harusnya sebagai pemerintah harus profesional dalam menjalankan pemerintahan jangan ada nepotisme, oleh karena itu kami meminta Gubernur Sulawesi Barat, untuk mencopot Kadispora Sulbar yang tidak becus,” tegas Husni.

Selanjutnya Ia menganggap ada kenjanggalan dalam proses pembatalan dua Paskibraka terutama yang dari Kabupaten Mamasa, sebab setelah dibatalkan ia harus digantikan oleh Paskibraka cadangan asal pasangkayu, namun justru digantikan Paskibraka asal Mamasa, kemudian ditawari kembali jadi Paskibraka tingkat provinsi.

“Ini janggal, sebab setelah dinyatakan positif hasil PCR harusnya digantikan oleh cadangan Paskibraka asal pasangkayu, tapi justru yang dari Mamasa yang menggantikan, dan diminta lagi sebagai Paskibraka provinsi, ini ada apa sebenarnya,” sesalnya.

Sebelumnya, diketahui dua Paskibraka perwakilan Sulbar yang dinyatakan lolos ke Jakarta tiba-tiba dibatalkan setelah hasil PCR nya dinyatakan positif. yakni Arya Maulana Mulya (perwakilan SMA Negeri 2 Majene) dan Kristina (dari SMA Negeri 1 Mamasa).

‌Menanggapi hal itu, Kepala dinas Pemuda dan olahraga Sulbar, Muhamamd Hamzih beralasan bahwa pembatalan dua paskibaraka ke Jakarta karena hasil PCR dinyatakan Positif dan ada desakan dari pusat.

‌”Saya sudah berdebat dengan pusat dan meminta waktu dua hari untuk menunggu swab kedua tapi pusat tapi tidak bisa,” akunya.

Sementara yang menggantikan perwakilan dari Sulbar adalah Muhammad Juandi Ali dari SMA Negeri 3 Polman dan Anggi F Tamutuan yang juga dari SMA Negeri 1 Mamasa.

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : redaksi@edunews.id – redaksiedunews@gmail.com

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2021 Edunews.ID

To Top