DAERAH

Ganjar Pranowo : PPKM Darurat Memberatkan Rakyat!

Ganjar Pranowo

SEMARANG, EDUNEWS.ID-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang lebih lunak lantaran telah memberatkan masyarakat, khususnya yang ada di kelas bawah.

“Kalau situasinya seperti ini kita harus mendengarkan suara masyarakat. Masyarakat tentu berat kalau PPKM-nya diperpanjang tapi polanya seperti ini, masyarakat berat,” ujar dia, usai melakukan Rakor Penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (19/7/2021).

“Saya tiap hari sepedaan, aku yo ra tegel (tidak tega), mas, bagaimana orang jualan pecel terus kemudian yang duduk di situ hanya sekian orang,” lanjut Ganjar.

Ia pun berharap PPKM Darurat jika nanti diperpanjang bisa diikuti dengan perubahan aturan yang memberikan relaksasi kegiatan masyarakat, khususnya di sektor ekonomi kelas bawah.

“Harus ada cara-cara yang lebih soft, meskipun itu bentuknya darurat dan di perketat maka harus soft,” ujar dia, yang merupakan politikus PDIP itu.

Ganjar mencontohkannya dengan izin bagi warung makan dan mal untuk buka dengan penerapan protokol kesehatan (prokes), dengan tambahan ancaman penutupan jika ada pellanggaran.

“Umpama soft-nya itu begini, makannya boleh enggak, ya boleh aja, warung boleh makan tapi kita akan kasih peringatan kalau kamu ngeyel tak cabut [izinnya], tak tutup,” terang Ganjar.

Ganjar juga mengingatkan Pemerintah Pusat untuk lebih matang dalam hal penyaluran bantuan pangan atau sembako kepada warga terdampak sehingga rakyat tidak merasa ditekan atau diintimidasi.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top