DAERAH

Opa Jhon Berhasil Dipulangkan, Amalia Katili: Rusli Habibie Pejuang Kemanusiaan

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Akhirnya, Opa Jhon Katili bisa berkumpul dengan sanak keluarganya ditanah leluhurnya, Gorontalo. Sejak awal viralnya keberadaan Opa Jhon yang hidup sebatang kara di Bali dalam kondisi yang kesulitan menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie pun langsung memerintahkan instansi terkait untuk segera mengurus kepulangan Opa Jhon ke Gorontalo.

Setibanya di Gorontalo, dalam sebuah video pendek berdurasi 1 menit 36 detik yang tersebar ke media sosial, Opa Jhon mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah memulangkannya ke Gorontalo.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah berupaya memulangkan saya ke tanah leluhur saya Gorontalo, saya berdoa semoga Allah SWT membalasnya”. Ucap Opa Jhon.

Sementara itu, salah satu pihak keluarga dari Opa Jhon, Amalia Katili secara terpisah ketika dihubungi awak media merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya Gubernur Rusli Habibie yang sangat peduli dengan kondisi rakyatnya.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pak Rusli Habibie, beliau pejuang kemanusiaan, saya tau dari awal beliau sudah memerintahkan instansi terkait untuk mengurus kepulangan dan perawatan kesehatan Opa Jhon di Gorontalo, pelayanan maksimal dari dinas terkait, Alhamdulillah saat ini Opa Jhon sudah ada di Gorontalo dan bisa berkumpul bersama keluarganya”. Terangnya.

Seperti diberitakan Hulondhalo.id, Kamis (04/04/2021), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie langsung menghubungi Ketua KKIG Bali, Abdullah Muhammad. Gubernur Rusli Habibie pun meminta dinas terkait untuk memulangkan John Katili ke Gorontalo agar bisa ditampung oleh keluarga dekatnya.

“Jadi hari ini saya sudah perintahkan humas saya melalui Dinas Kominfo dan Dinas Sosial untuk mencari tahu siapa keluarga Pak John di Gorontalo yang mau menampung,” kata Rusli.

“Terkait dengan pemulangan dan pengobatannya selama di Gorontalo akan kami tanggung. Yang terpenting, ada keluarganya dulu yang mau menerima di sini,” sambung Rusli.

“Untuk pemulangan dan perawatan kesehatan, insya Allah kita tanggung lewat APBD. Saya sangat prihatin dan sangat perhatian dengan kondisi beliau,” kata Rusli.

Sudah Ada Kontak dengan Keluarga John Katili

Setelah diperintahkan Gubernur Rusli Habibie, tim humas berhasil menemui salah seorang adiknya yang berdomilisi di Kelurahan Pilolodaa, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Namanya Siti Katili.

John rupanya memiliki 6 orang saudara kandung, namun 5 di antaranya sudah meninggal dunia. Sementara Siti Katili dalam kondisi sakit stroke dan tidak memungkinkan menampung John saat dipulangkan ke Gorontalo.

Beruntung, ada keluarga John yang lainnya di Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Namanya Nur Katili yang merupakan sepupu opa John. Nur bahkan sudah siapkan kamar khusus jika John tiba di Gorontalo.

Merantau di Bali 20 Tahun

Ketua KKIG Bali, Abdullah Muhammad menjelaskan, John Katili diketahui sudah 20 tahun merantau di Bali. John dulu bekerja dengan orang Bali namun karena orang tempatnya bekerja sudah meninggal dunia, maka John tinggal sebatang kara. John rupanya memiliki anak dan sedang merantau di Kalimantan.

Menurut pengakuan dari keluarga pula yang viral di media sosial, kabarnya John sebelum berada di Bali sedang merantau di Aceh dan dikira sudah meninggal dunia karena lama kehilangan kontak dengan keluarga.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top