DAERAH

Pelantikan HMI Cabang Gorontalo Ricuh!

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Batik Cokelat) saat berusaha melerai kericuhan anggota HMI

GORONTALO, EDUNEWS ID – Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI Wati Cabang Gorontalo periode 2021-2022, di Gedung Banthayo Lo Yiladia Kota Gorontalo, Selasa (5/10/2021) berakhir ricuh.

Pelantikan Pengurus HMI Cabang Gorontalo ini ricuh, saat pembacaan Surat Keputusan tentang Kepengurusan HMI Cabang Gorontalo Periode 2021-2022. Sejumlah pemuda yang juga anggota HMI langsung membunyikan sirene megaphone, dan memprotes Aris Setiawan sebagai ketua umum HMI Cabang Gorontalo. Hal ini membuat membuat suasana pelantikan langsung kacau.

Beberapa anggota HMI yang juga sedang mengikuti pelantikan, mencoba untuk menghalau kericuhan. Namun akhirnya terlibat perdebatan hingga saling dorong antar sesama anggota HMI.

“Kami memohon maaf atas insiden kekacauan yang terjadi itu,” ujar Ketua Panitia Pelantikan, Abdul Rajik Polapa.

Massa yang melakukan aksi, meminta agar Pengurus Besar HMI bisa meninjau kembali surat keputusan teetang struktur kepengurusan HMI Cabang Gorontalo, serta dapat memediasi perpecahan yang telah berlangsung alot di tubuh HMI Cabang Gorontalo, karena hasil Konferensi yang dinilai melanggar Konstitusi HMI.

Akibat insiden ini, Wali Kota Gorontalo yang sempat hadir, langsung mendapatkan pengamanan. Petugas gabungan keamanan langsung menutup Gedung Pelantikan dan memlokade pagar gedung, sehingga membuat sebagian tamu undangan terhalang dan tidak bisa masuk untuk mengikuti kegiatan.

Beberapa organisasi mengaku kecewa karena tak kunjung diberikan akses masuk oleh petugas keamanan, dengan tujuan untuk menjaga kondusivitas kegiatan. Mereka pun langsung pulang dan tidak mengikuti kegiatan pelantikan HMI Cabang Gorontalo tersebut.

Hingga berita ini dilansir, perpecahan di tubuh HMI Cabang Gorontalo masih berlangsung. Petugas keamanan, juga masih menutup gerbang Gedung Banthayo Lo Yiladia Kota Gorontalo, untuk memastikan acara Pelantikan HMI Cabang Gorontalo bisa terus berlangsung. (rvl)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top