Pemkab Wajo

Ramai Dikunjungi, Berikut Keunikan Wisata Telaga Biru di Wajo

foto: salah satu replikasi icon merlion singapura di kawasan wisata telaga biru

WAJO, EDUNEWS.ID – Salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Wajo adalah Kawasan Wisata Syariah Nurmilad Boarding School (NBS) Telaga Biru yang terletak di Desa Lempong, Kecamatan Bola.

Berdasarkan data Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Wajo, sejak tanggal 2-5 Mei 2022, tercatat ada 10.935 pengunjung yang berkunjung ke kawasan tersebut. Ini merupakan jumlah terbanyak dibanding pasca lebaran Idul Fitri 2 tahun terakhir sejak masa pandemi Covid-19.

Kawasan wisata ini menawarkan konsep unik yang cukup menarik. Selain kolam renang, terdapat beberapa replika ikon berbagai negara, seperti Menara Eiffel, Piramida Mesir, Kincir Angin Holland Belanda, Patung Singa (Merlion) Singapura, serta replika Ka’bah yang dilengkapi Hijir Ismail, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, dan Safa Marwah.

Selain itu, tersedia fasilitas seperti Mushola, Galeri Sutera, Kantin, Gazebo, Deer Park (Peternakan Rusa), spot foto dan beberapa fasilitas yang masih dalam pengembangan yaitu NBS Flower Park, NBS Island, NBS Small Lake, NBS Bamboo Bridge, dan NBS Fruit Park.

Pendiri Yayasan Karya Cipta NBS sekaligus yayasan pengelola Kawasan Wisata Telaga Biru, Wahyuddin Latunreng menjelaskan bahwa Telaga Biru ini merupakan desa wisata bernuansa wisata pedesaan dan wisata literasi budaya dunia.

Pengunjungnya pun diharapkan dari berbagai komunitas masyarakat pedesaan, perkotaan dan global.

“Telaga Biru ini terintegrasi dengan pesantren Nurmilad Boarding School untuk menyiapkan kader ilmuwan yang unggul dan religius. Artinya, segala pembiayaan untuk NBS ini dialokasikan dari penghasilan yang diperoleh dari Telaga Biru,” terang Wahyuddin.

Dia juga menjelaskan bahwa ketertarikan pengunjung dari berbagai daerah disebabkan karena kolam renang syariah dan airnya yang bersih, juga harga tiket yang terjangkau serta adanya replika keajaiban dunia, kawasannya luas dan petugas yang ramah dan sopan.

Diketahui, untuk harga tiket masuk dewasa seharga Rp 30.000 (gratis snack) dan untuk anak anak seharga Rp 15.000 dengan biaya sewa gazebo Rp 30.000. Pengunjung juga bisa menginap dengan menyewa Villa Bola Pucu’, Galery Sutera dan Replika Piramida Mesir.

Wisata ini menggratiskan pengunjung dengan ketentuan anak di bawah 2 tahun, anak yatim piatu (2-12 thn), manula (diatas 65 tahun), hafidz 30 Juz (ada dokumen) dan supir mobil (penumpang lebih 6 org).

Bagi yang berminat menikmati wisata desa bernuasa wisata dunia ini, bisa melakukan resevasi langsung melalui kontak 0823-4971-1776 (Andi Citra).

(rls/hms)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });