Pemkab Wajo

Sederet Bencana Terjadi di Wajo, Ini Kata Bupati

bupati wajo, amran mahmud

WAJO, EDUNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui dinas terkait bergerak sigap menangani musibah dan bencana alam yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Bantuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan perlindungan korban telah tersalurkan ke lokasi. Santunan juga tengah diupayakan melalui Dinsos P2KBP3A bersama BPBD Wajo.

“Bupati memang selalu ingatkan untuk gerak cepat memberikan bantuan jika terjadi bencana. Kita bersyukur karena stok paket bantuan dari Kemensos sampai saat ini selalu tersedia, jadi lebih mudah untuk menyalurkannya,” kata Ahmad Jahra, Senin (25/4/2022).

Mantan Camat Belawa ini mengatakan pihaknya sementara mengupayakan santunan korban dari belanja tidak terduga dalam APBD.

“Bantuan Pak Gubernur Sulsel untuk korban angin kencang dan hujan deras juga telah kita salurkan. Untuk korban kebakaran rencananya kita akan salurkan hari ini,” ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Wajo, Sri Irmayanti.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada OPD terkait, pemerintah setempat, dan seluruh pihak yang telah membantu. Khusus kepada OPD dan unit penanganan bencana kita memang selalu meminta untuk proaktif dalam penanganan bencana,” jelasnya.

Deretan Bencana di Wajo Beberapa Waktu Terakhir

Dinsos P2KBP3A Wajo mencatat beberapa hari terakhir, bencana hujan lebat, angin kencang, dan kebakaran terjadi di Bumi Lamaddukelleng ini.

Berdasarkan hasil assessment dan pendataan, angin kencang terjadi pada Rabu (20/4/2022) mengakibatkan 6 unit rumah terdampak di Kelurahan Uraiyang dan Kelurahan Macanang, Kecamatan Maniangpajo.

Lalu, hujan lebat yang disertai dengan angin kencang pada Jumat (22/4/2022) mengakibatkan 76 unit rumah di dua kecamatan terdampak (52 di Desa Tosora, 11 di Desa Tellulimpoe, 8 di Desa Lagosi dan 4 di Kelurahan Cina).

Selain itu, kebakaran yang terjadi di Desa Assorajang pada Sabtu (23/4/2022) mengakibatkan 1 unit rumah terdampak.

(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top