Pemkot Makassar

Buka Acara TPID, Sekda Makassar Himbau Sinergitas Sukseskan Longwis

MAKASSAR, EDUNEWS.ID — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Anshar membuka resmi kegiatan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar yang digelar Bagian Perekonomian Setda Kota Makassar di Hotel Santika, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema “Menangani Inflasi Melalui Lorong Wisata”. Anshar mengatakan Lorong Wisata merupakan program prioritas yang diharapkan dapat membantu masyarakat untuk berusaha memenuhi kebutuhan baik itu pangan maupun hal lainnya secara mandiri.

Longwis sebagai penyempurnaan dari program lorong garden, di mana lahan kosong atau pekarangan dimanfaatkan untuk budidaya tanaman pangan.

“Kita juga dapat mengendalikan inflasi dengan memanfaatkan lorong wisata. Program penanaman cabe misalnya, sebagaimana kita ketahui, cabai merupakan penyumbang inflasi, kita dapat melakukan budidaya cabe dalam lorong,” ucapnya.

Kata Anshar, banyak program yang bisa diakselerasikan di lorong wisata ini. Ia berperan dalam memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta mendukung pariwisata local.

Saat ini, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) memiliki tugas yang cukup berat, kita harus memastikan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di kota kita.

“Jadi rilis BPS Kota Makassar, inflasi pada bulan September tercatat sebesar 1,09% atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 111,90 pada Agustus 2022 menjadi 113,12 pada September 2022. Tingkat Inflasi Kota Makassar tahun kelender September 2022 sebesar 4,82% Kontribusi meningkatnya inflasi berasal dari kelompok transportasi yaitu sebesar 9,81% akibat adanya kenaikan harga BBM,” paparnya.

Karenanya dibutuhkan kerjasama yang apik dan sinergitas yang baik untuk melakukan inovasi dalam menjaga ketersediaan bahan pangan melalui berbagai kegiatan misalnya Swadaya masyarakat serta gerakan hemat energi dan pangan.

Baca Juga :   Pj Sekda Makassar Paparkan Program Pemberdayaan Perempuan di Hadapan Menteri P3A

Untuk mendukung kegiatan ini bagian Perekonomian setda Makassar menghadirkan pemateri terkait Longwis dari Kepala Dinas Ketahangan Pangan Kota Makassar, Rheza dan Kepala Dinas Pariwisata, Moh. Roem. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com