Pemkot Makassar

Lorong Ramah Anak di Longwis, DP3A: Lindungi Anak Dengan Basis Masyarakat

kepala dp3a kota makassar, achi soleman

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Rencana Pemerintah Kota Makassar me-launching 1000 Lorong Wisata (Longwis), mengharuskan berbagai perangkat daerah untuk menyiapkan grand design yang akan diaplikasikan nantinya.

Selain menyasar perekonomian masyarakat, kehadiran Pemkot di lorong lorong akan menyentuh berbagai aspek lainnya.

Hal ini terlihat dari grand design yang tengah disiapkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Makassar.

Kepala DP3A Makassar, Achi Soleman, mengungkapkan bahwa pihaknya menawarkan konsep Lorong Ramah Anak, yang bersinergi dengan Program Jagai Anakta.

Lorong Ramah Anak ini akan diaplikasikan pada Longwis dengan memberdayakan shelter warga yang ada pada setiap kelurahan.

“Pertama, kita inginkan nantinya sudah ada mekanisme dari masyarakat tentang identifikasi serta rujukan kasus. Mereka bisa mengenali kasus kekerasan dan tahu cara lapornya,” ungkapnya, Senin (27/6/2022).

Kedua, lanjut Achi, akan ada pelatihan fasilitator sebaya yang dikenal sebagai 2P (agen Pelopor dan Pelapor). Ini bersinergi dengan berbagai organisasi dan komunitas, termasuk Forum Anak.

“Itu kerangka besarnya, ya. Seiring berjalannya, shelter di kelurahan akan turun ke lorong lorong untuk terus mengedukasi warga soal ketahanan keluarga, pola asuh anak, dan lain lain. DP3A ini lebih ke pembangunan non fisik karena menyangkut perubahan perilaku. Jadi butuh waktu,” terangnya.

Dengan banyaknya kegiatan di Longwis nantinya, Achi berharap ini bisa menjadi sistem perlindungan anak berbasis masyarakat.

“Bisa jadi nanti dengan Lorong Ramah Anak yang beriringan 1000 Longwis akan meningkatkan jumlah kasus terlapor. Sebab masyarakat sudah lebih teredukasi, sudah tahu kalau kasus seperti kekerasan itu bisa dilaporkan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); });