Pemprov Sulsel

ASS Berhasil Alihkan Bandara Sorowako jadi Milik Pemprov Sulsel

LUWU TIMUR, EDUNEWS.ID – Bandara Sorowako yang berlokasi Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur kini resmi menjadi aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan.

Hal itu ditandai penandatanganan dan serah terima Bandara Sorowako oleh Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada acara 19 Tahun Kabupaten Luwu timur, Kamis, (12/5/2022)

Adapun tiga objek yang diserahkan PT Vale, yakni lahan seluas 25,4 hektar (ha), barang bergerak berupa aset-aset yang berfungsi sebagai sarana dan prasana yang mendukung pengoperasian bandara sorowako, serta pengelolaan jasa kebandarudaraan atas Bandar Udara Sorowako di Luwu Timur.

Dalam proses pengalihan dari penerbangan privat menjadi publik, butuh perjalanan wacana yang bertahun-tahun lamanya. Sebelumnya telah diusahakan oleh beberapa Gubernur terdahulu. Namun, di era kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman, Pemprov Sulsel berhasil mengambil alih Bandara Sorowako hanya dalam kurung waktu setahun. Apalagi diketahui, Bandara Sorowako dibangun sejak tahun 1980 an.

Tahapan prosesnya dimulai pada tanggal 30 April 2021, tanda tangan MoU penyerahan hibah Bandara Sorowako antara Plt Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman dan Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk. Dilanjutkan pada tanggal 29 Desember 2021 tanda tangan perjanjian hibah Bandara Sorowako antara Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman dengan Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk

Dilanjutkan proses serah terima pada tanggal 12 Mei 2022 dengan penandatanganan akta pelepasan Bandara Sorowako antara Gubernur dan Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap, “Optimalisasi system transpotasi Bandara Sorowako akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Luwu Raya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru ke depan. Tetap semangat sekaligus apreasiasi kepada PT Vale atas komitmen bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara itu, Ketua PB Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Raya, Saldi Kaso menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulsel.

“Apresiasi kepada Pemerintah Sulawesi Selatan, dalam hal ini Gubernur Sulsel, pada masa pemerintahannya telah berhasil mengambil bandara Sorowako yang sebelumnya dikuasa oleh PT Vale dan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang sebelumnya sifatnya private menjadi komersil,” ujarnya.

“Karena ini akan berefek bagi masyarakat itu sendiri yang ada di Luwu Timur sebagai layanan akses. Dan juga sebagai sumber pendapatan daerah,” tambahnya.

 

rilis

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com