DAERAH

RSGM Unhas Hadirkan Layanan Konsultasi Gratis Secara Online

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Di tengah situasi wabah pandemi global Covid-19, sejumlah langkah diambil utk menurunkan angka penyebaran wabah. Salah satunya adalah kebijakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), baik pusat maupun cabang Makassar, yang diharapkan untuk sementara tidak melakukan kegiatan praktek kecuali dalam kondisi darurat.

Untuk menindaklanjuti seruan tersebut, Rumah Sakit Pendidikan Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin menghadirkan layanan konsultasi gratis secara online. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan ditengah wabah pandemi, namun tetap mengikuti himbauan PDGI. Layanan konsultasi online ini sudah dimulai Minggu (19/04) melalui aplikasi zoom.

Direktur RSGM Unhas, drg. A. Tajrin, M.Kes., Sp.BM., menjelaskan bahwa hal ini merupakan bentuk kontribusi dan pengabdian RSGM Unhas, agar tetap hadir ditengah masyarakat guna memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut ditengah situasi saat ini.

“Dengan tutupnya praktek dokter gigi swasta, kami memandang perlu memberikan pelayanan ditengah pandemi ini. Tentu saja, tidak semua kasus dapat dilakukan perawatan. Oleh karena itu kita mengadakan konsultasi online untuk kasus-kasus yang memungkinkan,” jelas drg. Tajrin.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh RSGM Unhas, konsultasi online ini dilaksanakan setiap hari Kamis dan Minggu. Para dokter yang terlibat berasal dokter gigi spesialis di RSGM dan FKG Unhas.

“Untuk awal ini, masyarakat yang dilayani mencapai 70 orang dari berbagai daerah, baik Makassar maupun luar Makassar. Bahkan ada pasien yang berasal dari Jakarta,” sambung drg. Tajrin.

Direktur RSGM Unhas berharap layanan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan atau informasi terkait keluhan kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatan ini menjadi ajang para dosen mengadakan bakti sosial melalu konsultasi gratis guna membantu masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tetap mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut mereka tanpa harus keluar rumah. Ini juga bentuk pengabdian RSGM Unhas,” tutup drg. Tajrin.

 

(*/mir)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top