DAERAH

Soal Tumpahan Minyak, Menteri LHK Telah Lapor Presiden

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya telah melaporkan musibah bocornya pipa milik Pertamina yang mengakitkan tumpahan minyak di perairan Balikpapan, Kaltim.
“Saya hari Sabtu (7/4/2018) melapor ke Bapak Presiden justru kekhawatiran beliau di masyarakatnya, artinya jangan sampai sisa-sisa minyak di kolong bisa ‘keselentik’ api dan kebakaran lagi, itu yang tidak boleh,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Senin (9/4/2018).
Siti menjelaskan, pada 31 Maret 2018, pipa baja Pertamina Refinary Unit V berdiameter 20 inci setebal 12 milimeter di kedalaman 25 meter dilaporkan patah dan bergeser hingga 120 meter dari posisi awal yang menyebabkan perairan Teluk Balikpapan dan sekitar Selat Makassar tercemar minyak mentah dan disusul kebakaran di tengah laut.
Hingga Selasa (3/4/2018) diketahui 5 orang tewas dari peristiwa kebakaran itu. “Yang kedua kita harus selesaikan dulu yang urusan kerugian masyarakat, itu yang harus dibicarakan dulu, itu dari kami, kalau dari Pertamina tanya sendiri ke Pertamina ya,” tambah Siti.

To Top