EDUNEWS

Berikut 5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal, Nomor Satu Tetap Kedokteran

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Tidak dapat dipungkiri jika untuk menjatuhkan pilihan kepada salah satu jurusan di perguruan tinggi salah satu pertimbangannya adalah biaya kuliah. Di antara sekian banyak pilihan, ada beberapa jurusan yang harus ditebus dengan biaya yang mahal.

Rincian biaya kuliah biasanya terdiri dari berbagai pos, mulai dari Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang gedung, praktikum, SKS, registrasi ulang, dan kebutuhan lain yang sifatnya trivial.

Mengutip laman Universitas Pasundan di unpas.ac.id, Kamis (18/11/2021), besaran biaya kuliah ini pun berbeda, tergantung program studi dan universitasnya. Sehingga ada beberapa jurusan yang terbilang mahal. Berikut ini 5 di antaranya:

1. Kedokteran
Kedokteran bisa dibilang menjadi salah satu jurusan yang membutuhkan banyak biaya. Bisa puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah. Adanya kebutuhan alat pembelajaran dan praktikum bisa menjadi alasan mengapa biaya kuliah jurusan kedokteran ini mahal.

Jurusan kuliah pertama yang membutuhkan banyak biaya adalah kedokteran, yakni puluhan sampai ratusan juta rupiah. Salah satu alasannya adalah alat pembelajaran dan praktikum yang jumlahnya tidak sedikit dengan harga yang mahal.

Misalnya untuk praktikum bedah anatomi saja, mahasiswa kedokteran perlu menggunakan kadaver (mayat) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Ada juga alat lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti jarum suntik. Tidak heran kalau kedokteran sering dianggap sebagai salah satu jurusan termahal.

2. Penerbangan (Aviasi)
Jurusan dengan biaya paling mahal berikutnya ialah Penerbangan (Aviasi) yang bisa menjadi target calon mahasiswa yang ingin menjadi pilot. Uang kuliah di kampus-kampus aviation semacam ini berkisar di angka Rp500-800 juta.

Namun dengan biaya kuliah yang tinggi itu fasilitas yang akan didapat mahasiswa juga sepadan. Sebab selama pendidikan, mahasiswa (taruna) akan menjalani praktikum berupa simulasi penerbangan serta sertifikasi yang akan memakan anggaran cukup besar.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)
Secara biaya kuliah pokok, DKV memang terbilang nggak terlalu mahal. Akan tetapi jika sudah duduk dibangku kuliah, mahasiswa akan dibuat tercengang oleh harga alat-alat yang dibutuhkan saat praktikum nantinya. Itulah mengapa Desain Komunikasi Visual masuk dalam daftar jurusan kuliah termahal.

Saat mempelajari animasi, web desain, desain interaktif, ilustrasi, dan sebagainya, kamu membutuhkan laptop dengan spek yang mendukung, seperti MacBook, yang harganya sudah pasti mahal. Ada juga sketchbook, pensil graft, pen tablet, printer, dan peralatan lain yang harganya nggak murah.

4. Seni
Seni (baik seni rupa, seni musik, dan lainnya) termasuk dalam jurusan kuliah berbiaya mahal. Ini karena mahasiswa akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk praktikum ketimbang belajar teori di kelas. Bisa dibilang rasio praktik dan teori pada jurusan Seni adalah 70:30.

Selain itu, mahasiswa Seni juga perlu membekali diri dengan berbagai peralatan yang memadai. Bahkan banyak juga dari mereka yang sengaja menambah kredit mata kuliah untuk makin memaksimalkan kreativitas dan kompetensi di bidang yang ditekuninya.

5. Broadcasting
Broadcasting termasuk dalam jurusan kuliah yang cukup menguras kantong. Untuk menunjang kegiatan praktikum dan editing selama proses perkuliahan, mahasiswa setidaknya perlu memiliki peralatan pribadi seperti kamera, microphone, tripod, serta komputer dengan spek yang mendukung.

Itu baru biaya peralatan, dan belum termasuk uang kuliah lain yang sifatnya wajib, seperti SKS, uang semester, biaya praktikum, uang gedung, registrasi, serta buku-buku. Namun, usai lulus kamu juga berkesempatan untuk merintis karier di perusahaan-perusahaan penyiaran (broadcasting) dengan gaji yang cukup besar.

Nah, itulah 5 jurusan dengan biaya kuliah paling mahal. Adakah yang menarik minatmu?

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com