EDUNEWS

Hebat, Mahasiswa Indonesia Raih Juara Pada Ajang International RoboBoat Competition 2021

Mahasiswa Indonesia Raih Juara Pada Ajang International RoboBoat Competition 2021 (foto : kemendikbud)

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Mahasiwa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kali ini, melalui ajang International RoboBoat Competition (IRC) 2021 yang diselenggarakan secara daring di Florida, Amerika Serikat, pada April hingga Juni 2021, mahasiswa Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan menjadi juara pada beberapa kategori utama.

Para mahasiswa tersebut merupakan peraih juara ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional pada tahun 2020 secara daring yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengatakan dalam menciptakan talenta-talenta muda yang unggul untuk Indonesia hebat, pemerintah terus mendorong generasi muda untuk terus berinovasi dan menghasilkan karya-karya yang kreatif pada bidang yang relevan dengan perkembangan industri saat ini.

“Semangat kita bersama dan keterlibatan ekosistemlah yang bisa menyemangati talenta-talenta muda untuk memberikan pengalaman sekaligus menambah kemampuan serta pengetahuan mereka agar generasi muda terbaik kita dapat berkompetisi pada level yang lebih tinggi,” ujar Asep Sukmayadi saat di hubungi di Jakarta, pada Kamis (1/7/2021).

Pada ajang IRC tahun 2021, ada tiga kategori utama yang menjadi penilaian dewan juri di antaranya Technical Design Report, Skill Video, dan Website. Kategori skill video menjelaskan teknis melalui video yang menggambarkan atau menjelaskan bagaimana cara tim membangun sebuah wahana kapal tanpa awak yang berjalan secara otonom.

Sementara itu, kategori Technical Design Report menjelaskan teknis secara tulisan dalam bentuk naskah yang didalamnya menjelaskan strategi tim membangun wahana untuk menyelesaikan misi dengan baik. Sedangkan kategori Website ditunjukan untuk informasi mengenai tim dan laporan progres ketika tim membangun sebuah wahana mulai dari tahap perancangan hingga pengujian, baik yang secara langsung diatas air maupun hanya menggunakan perangkat lunak.

Dari ketiga kategori tersebut, kontingen Indonesia yang diwakili Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih beberapa kemenangan, di antaranya tim Barunastra dari ITS berhasil meraih Juara 1 untuk kategori Website, Juara 1 kateogri Skill Video (Hull Design) dan Juara 2 kategori Technical Design Report.

Selanjutnya, tim Bengawan UV dari UNS berhasil meraih Juara 2 untuk kategori Skill Video dan Juara 2 kategori Skill Video (Sensor Optimization) sedangkan tim AMV UI dari UI berhasil meraih Juara 2 untuk kategori Skill Video (Sensor Optimization).

Sebagai informasi, pagelaran IRC adalah ajang kompetisi tingkat internasional pada bidang kapal tak berawak (kapal robotika) dalam merancang perahu robotik otonom untuk bernavigasi. Ajang kompetisi ini dilaksanakan setiap tahun dengan diikuti beberapa tim dari berbagai negara dan tahun 2021 diikuti oleh 14 peserta dari enam negara.

Pada masa pandemi Covid-19, tim Indonesia melakukan pelatihan secara luring dan daring. Dalam membuat desain, perancangan, rapat, serta konsultasi dilakukan secara daring. Sementara itu, pencarian data serta pengujian wahana dilakukan di laboratorium kampus secara luring dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

sumber : kemendikbud.go.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top