Inovasi

Ikutkan Santri di Pelatihan Khusus, Kepala Urusan Bahasa Mau Mereka Jadi Panutan di Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Sulsel

Sumber: Dok. Istimewa

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Kembangkan wawasan dan kemampuan berbahasa arab, Tim Lembaga Bahasa Ummul Mukminin helat MABIT (Malam Billaghatil Arabiyah) selama dua hari, pada Kamis-Jumat (31/8-1/9/2023) kemarin.

MABIT yang diikuti oleh 44 santriwati Ponpes (Pondok Pesantren) Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah, Sulsel, tersebut diselenggarakan di di Ma’had Al-Birr Unismuh, Makassar.

Tauhid Sunu selaku Kepala Urusan Bahasa Ummul Mukminin menyampaikan bahwa dalam MABIT, salah satu rangkaian bernama Outbound Bahasa Arab ditujukan untuk membekali para mudabbirah dalam menggunakan bahasa Arab di keseharian mereka.

“Ini bertujuan untuk memperluas wawasan kebahasaan, membangun lingkungan berbahasa Arab, serta menumbuhkan semangat dan keberanian berbahasa,” ucap Tauhid.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa peserta MABIT adalah para mudabbirah yang terdiri dari Ketua Kamar, Sekretaris, dan Bendahara.

“Para santriwati yang terlibat adalah mudabbirah asrama serta mudabbirah bahasa dan ibadah,” lanjut Tauhid.

Ma’had Al-Birr dijadikan lokasi yang cocok untuk menghelat MABIT karena di sana diwajibkan menggunakan bahasa arab sebagai alat komunikasi.

“Ini upaya kami untuk terus memperkuat dan menggelorakan bahasa Arab di pondok,” tutur Tauhid.

Selain menambah wawasan pengetahuan, para mudabbirah juga diharapkan menjadi inspirasi bagi santri lainnya.

“Peran mereka krusial dalam membentuk karakter dan kemampuan kognitif serta afektif santri,” jelas Tauhid.

Sedangkan Ali Bakri selaku Wakil Direktur Ma’had Al-Birr Unismuh merespon hangat kegiatan tersebut. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kesediaannya dalam menghadirkan pelatih berpengalaman untuk mengajar para santri.

“Ini langkah cerdas dalam pengembangan bahasa Arab. Kami siapkan pelatih berpengalaman dan berharap ini akan berlanjut,” kata Ali Bakri.

Baca Juga :   Nadiem Cabut Aturan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com