Inovasi

Keren, Mahasiswa Unair Ubah Bunga Telang Jadi Skincare, Apa Saja Khasiatnya ?

Ilustrasi bunga telang

MAKASSAR, EDUNEWS.ID-Bunga telang terkenal karena beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Ternyata selain punya manfaat sebagai obat herbal, bunga telang juga bisa diolah menjadi perawatan wajah lho.

Dilansir dari kompas.com, inovasi ini dibuat oleh lima mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Berkat inovasinya, lima mahasiswa ini mengharumkan nama Unair di tingkat nasional. Mereka berhasil menginisiasi produk perawatan kulit atau skincare herbal dari ekstrak bunga telang.

Kelima mahasiswa yang menggagas inovasi ini yakni Daniyal Firmansyah, Natazha Claudya, Fathimah Afifah, Nabiilah Husna, dan Nurul Aini Rismawanti.

Manfaatkan bunga telang untuk skincare Berkat ide bisnis tersebut, Tim Terence FV Unair lolos pendanaan pada ajang Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) 2021 yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

PKMV merupakan kompetisi khusus mahasiswa vokasi se-Indonesia yang memiliki ide wirausaha dan ingin mengembangkan bisnisnya menjadi usaha nyata.
Menurut Daniyal Firmansyah, motivasi terbesar ini yang mendorong dia dan tim bisa meraih prestasi ini. Selain itu mereka juga punya keinginan untuk memiliki usaha sendiri.
“Dengan motivasi itu, kami ingin membuka lapangan pekerjaan baru dan memajukan industri produk kecantikan alami,” ujar Daniyal seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (25/7/2021).

Daniyal dan timnya melihat peluang membuat produk dari bahan alam yang saat ini cukup diminati masyarakat yaitu bunga telang. Miliki kandungan antosianin Mereka melakukan penelitian khasiat dan kandungan yang terkandung dalam bunga telang.

Dari hasil penelitian mereka, salah satu kandungan bunga telang yaitu antosianin. Yakni senyawa antioksidan yang memiliki berbagai manfaat seperti: Melembabkan Menghaluskan Mencerahkan kulit.

Antosianin sendiri dapat digunakan untuk semua jenis kulit sehingga mereka tertarik untuk mengangkat bunga telang sebagai bahan dasar skincare.
“Kami akan membuat lima varian produk yakni toner, facial wash, face oil, face mask, dan lip balm,” urai Daniyal.

Baca Juga :   Bagaimana Ormawa Kampus Menyuburkan Mental Hipokrit

Serangkaian produk ini dapat mencerahkan dan melembabkan wajah. Selain itu produk ini banyak dicari karena menggunakan bahan dasar herbal yang aman dan sehat saat digunakan.

Mahasiswa program studi D4 Pengobat Tradisional ini mengungkapkan, awalnya dia dan tim menemui sedikit kendala saat penyusunan proposal. Tim Terence cukup kesulitan mencari mentor dari praktisi, namun pada akhirnya mereka bisa menemukan mentor dari praktisi bergerak di bidang kecantikan yakni Dwi Mayasari yang memiliki klinik kecantikan Pacific Internasional Beauty Institute (PIBI).
“Para mentor telah banyak membantu mengarahkan kami dalam pembuatan proposal PKMV,” ucapnya.

Hingga saat ini, pengujian produk Terence sedang ada di tahap uji iritasi. Setelah produk lebih berkembang, tim juga akan melakukan uji hedonitas dan uji kandungan di laboratorium. Itulah artikel terkait mahasiswa Unair ubah bunga telang menjadi skincare. Semoga memberikan manfaat banyak untuk semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com