Inovasi

Mobil Listrik Arjuna UGM Sabet Juara di Kontes Mobil Listrik Indonesia

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Tim mobil listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses memborong tiga penghargaan dalam Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2016 di Politeknik Negeri Bandung pada 18-20 November kemarin, penghargaan yang diraih yakni sebagai The Best Technology, juara dua pada kategori slalom dan juara tiga di kategori akselerasi.

“Sangat bangga tentunya dapat meraih tiga penghargaan sekaligus,” ujar Ketua Tim Arjuna Lukman, seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (23/11/2016).

Lukman menyampaikan mobil Arjuna yang dipertandingkan dalam laga KMLI 2016 merupakan mobil listrik generasi 4.1 penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Dalam kompetisi tersebut mobil Arjuna diikutsertakan dalam seluruh kategori perlombaan bersaing dengan 22 mobil listrik lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kita ikut dalam 6 kategori lomba, yaitu uji daya tanjak, uji akselerasi, uji deselerasi, uji slalom, uji kecepatan, dan uji efisiensi,” tutur Lukman.

Selain itu juga diadakan lomba non-kategori seperti presentasi dan poster terbaik, tim terbaik, rancangan konstruksi terbaik, desain terbaik, dan teknologi terbaik dalan Mobil Arjuna UGM berhasil meraih penghargaan sebagai mobil dengan teknologi terbaik dalam kompetisi ini.

Tim Mobil Listrik Arjuna secara resmi dibentuk pada tahun 2012 silam. Sederet prestasi berhasil diraih dalam ajang KMLI, yaitu juara tiga kategori efisiensi pada 2013 dan juara satu kategori kecepatan dan juara tiga kategori percepatan pada 2014.

Selanjutnya, pada tahun 2015 Mobil Listrik Arjuna kembali berhasil mendapatkan tiga gelar juara, yakni juara dua kategori akselerasi, juara dua kategori deselerasi serta meraih penghargan sebagai tim terbaik.

Keberhasilan tim Arjuna UGM dalam KMLI 2016 ini tidak luput dari kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan oleh para mahasiswa dengan dukungan dari para dosen pembimbing. Dosen Pembimbing Tim Arjuna Muslim Mahardika, menyebutkan capaian tim Arjuna pada tahun 2016 ini seperti mengulang prestasi pada lomba yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

“Kita terus berupaya melakukan inovasi dan memberikan yang terbaik. Harapannya, di tahun-tahun mendatang terus bisa menorehkan prestasi yang membanggakan UGM,” ujar Muslim Mahardika.

Sementara itu, Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM Ahmad Agus Setiawan menyampaikan apresiasi atas prestasi yang berhasil diraih oleh tim Arjuna. Ia berharap, kedepan tim Arjuna bisa terus berinovasi dan berprestasi.

“Capaian ini diharapkan bisa memotivasi para mahasiswa untuk melakukan inovasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang,” harap Ahmad Agus Setiawan.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com