Kampus

10 PTS Top Versi uniRank 2023, Binus Nomor 1 !

Kampus Binus University

KAMPUS, EDUNEWS.ID-Pada edisi terbaru 2024, uniRank melibatkan 585 perguruan tinggi di Indonesia. Ranking uniRank bertujuan menyediakan peringkat berdasarkan metrik web yang disajikan sumber independen, bukan bersumber dari data yang dikumpulkan universitas-universitas itu sendiri.

Meski demikian, uniRank menyebut dalam pemeringkatan secara umum, ada institusi yang tidak diberi peringkat lantaran sejumlah alasan, yaitu ketiadaan situs resmi, situs yang tidak dapat diakses dalam jangka waktu lama, kampus mengadopsi URL internal sebagai situs resmi, hingga menggunakan layanan hosting gratis.

Pemeringkatan ini pun bisa digunakan untuk melihat mana saja PTN maupun PTS teratas di Indonesia berdasarkan metrik web. Lantas, PTS apa saja yang ada di ranking 10 besar?

PTS Terbaik Versi uniRank 2023

Universitas Bina Nusantara
Universitas Teknokrat Indonesia
Telkom University
Universitas Medan Area
Universitas Sains dan Teknologi Komputer
Universitas Gunadarma
Universitas Islam Indonesia
Universitas Budi Luhur
Universitas Alma Ata
Universitas Esa Unggul

Metodologi Pemeringkatan uniRank 2023
Dikutip dari situs resmi, uniRank bertujuan untuk memberikan perkiraan peringkat universitas secara global berdasarkan keberadaan dan popularitas web yang merujuk pada perkiraan trafik, otoritas domain, dan popularitas tautan berkualitas. Pemeringkatan uniRank bukan merupakan pemeringkatan akademis. Oleh sebab itu, tidak boleh digunakan sebagai kriteria utama untuk memilih pendidikan tinggi tempat kuliah.

Meski demikian, pemeringkatan universitas baik akademis atau bukan, tidaklah sempurna dan tidak boleh dijadikan satu-satunya kriteria untuk memilih universitas. Metodologi pemeringkatan universitas rentan terhadap kesalahan dan bias pada taraf yang berbeda.

Dalam hal ini, pemeringkatan uniRank memiliki keterbatasan dalam menilai dan memberi peringkat pada institusi pendidikan tinggi di negara-negara dengan akses internet dan tingkat intervensi yang terbatas.

Pemeringkatan uniRank telah diterbitkan sejak Mei 2005. Sejak pertama, metodologi pemeringkatan telah disesuaikan secara berkala untuk memberikan hasil pemeringkatan yang lebih baik dan/atau untuk beradaptasi dengan perubahan dalam sumber web yang tersedia.

Pemeringkatan uniRank saat ini didasarkan pada algoritma yang mencakup 4 metrik web yang independen:

Majestic Referring Domains
Similarweb Global Rank
Moz Domain Authority
Majestic Trust Flow

sumber : detikedu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com