EDUNEWS

167 Mahasiswa Universitas Andalas Dikeluarkan, Tidak Bayar uang Semester ?

PADANG, EDUNEWS.ID-Universitas Andalas (Unand), Padang, mengeluarkan 167 orang mahasiswa secara serentak. Seratusan mahasiswa ini dikeluarkan karena selama dua semester berturut-turut tidak melakukan proses pendaftaran ulang kepada pihak kampus.

Wakil Rektor Unand Bidang Akademik, Mansyurdin, mengatakan dari 167 orang mahasiswa yang dikeluarkan tersebut, 87 orang berasal dari Fakultas Ilmu Budaya dan 80 orang dari Fakultas Pertanian.

“167 mahasiswa itu dikeluarkan berdasarkan SK Rektor pada 31 Maret 2021 lalu soal pengunduran diri mahasiswa yang tidak mendaftar ulang selama 2 semester berturut-turut,” kata Mansyurdin dilansir dari republika.co.id, Sabtu (18/7/)

Mansyurdin menjelaskan, SK Rektor yang dikeluarkan tersebut berdasarkan Peraturan Rektor Unand No. 14/2020 tentang Peraturan Akademik, Pasal 14 ayat (2). Peraturan menyebutkan bahwa mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang selama dua semester berturut-turut dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa.

Menurut Mansyurdin, pihak kampus melakukan hal ini untuk mengantisipasi temuan kejanggalan di Badan Pemeriksa Keuangan. Pada 2020, BPK menemukan perbedaan setoran ke negara dan jumlah mahasiswa, yakni jumlah mahasiswa lebih banyak daripada angka yang disetorkan.

Dalam memutuskan pemberhentian mahasiswa ini, Mansyurdin mengatakan, pihak rektorat Unand telah berdialog dengan fakultas yang bersangkutan. Sebelum SK rektor dikeluarkan, menurut dia, pihak fakultas sudah melakukan komunikasi dengan mahasiswa yang tidak mendaftar ulang selama dua semester secara berturut-turut ini, dan hasilnya nihil.

Mansyurdin membantah anggapan rektorat memberhentikan 167 mahasiswa ini karena tidak membayar uang semester. Sebab, menurut dia, pihak kampus bersedia memberi keringanan kepada mahasiswa yang melapor mengalami kesulitan finansial.

Misalnya diberikan keringanan dengan cara dicicil atau dicarikan donatur yang siap membantu. “Bukan karena alasan tidak sanggup bayar. Kalau misalnya masalah kesulitan dana, kampus siap memberikan solusi dan keringanan,” ucap

Baca Juga :   Kolaborasi Gelar Lomba Keagamaan, Kepala SDN Mangkura III Makassar Apresiasi Mahasiswa Kampus Mengajar
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com