EDUNEWS

5 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja dengan Gaji Tinggi, Bagaimana Jurusanmu ?

EDUNEWS.ID-Menimbang jurusan kuliah bukan perkara yang mudah. Siswa SMA perlu mempertimbangkan matang-matang soal ini.

Perihal memilih jurusan, salah satu aspek yang perlu dipikirkan adalah prospek karir di masa depan. Agar para calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah dengan bijak, tak ada salahnya menyimak berbagai pandangan.

Dilansir dari CNBC, menurut Bankrate ada sejumlah jurusan yang mudah dapat kerja, punya peluang pengangguran rendah, dan rata-rata gaji tahunannya bisa miliaran.

Ingin tahu apa saja? Cek jurusan kuliah yang bisa kalian pertimbangkan di bawah ini.

5 jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dengan gaji tinggi

1. Teknik Arsitektur
Rata-rata gaji tahunan untuk jurusan ini bisa capai US$ 90 ribu atau setara sekitar Rp 1,2 miliar. Tak hanya itu, tingkat penganggurannya kira-kira hanya 1,3 persen.

2. Teknik Komputer
Lulusan Teknik Komputer bisa mendapat gaji rata-rata tahunan sebesar US$ 101 ribu atau setara Rp 1,4 miliar. Tingkat pengangguran bidang ini juga rendah, hanya sekitar 2,3 persen.

3. Ilmu dan Teknologi Transportasi
Selepas lulus jurusan ini, seseorang bisa mendapat rata-rata gaji tahunan sampai US$ 86 ribu atau Rp 1,2 miliar. Di samping itu, tingkat penganggurannya juga rendah, hanya 1,8 persen.

4. Jasa Konstruksi
Lulusan bidang Jasa Konstruksi bisa mendapat gaji rata-rata tahunan sampai US$80 ribu atau setara sekitar Rp 1,1 miliar. Tingkat penganggurannya juga sangat rendah, yaitu kira-kira 1 persen.

5. Teknik Dirgantara
Lulusan Teknik Dirgantara bisa mendapat gaji rata-rata per tahun yang jumlahnya mirip dengan Teknik Komputer. Mereka bisa mendapat US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,4 miliar. Tingkat pengangguran bidang ini juga rendah, hanya sebesar 1,9 persen.

Baca Juga :   Kolaborasi Gelar Lomba Keagamaan, Kepala SDN Mangkura III Makassar Apresiasi Mahasiswa Kampus Mengajar

Meskipun begitu, Bankrate juga menyebutkan beberapa jurusan kuliah yang sepi peminat dan banyak penganggurannya. Ada jurusan Psikologi Klinis yang pendapatan rata-rata per tahunnya kira-kira US$ 49 ribu atau Rp 691 juta. Tingkat pengangguran jurusan ini 3,8 persen.

Di samping itu, ada juga jurusan Seni Drama dan Teater yang rerata pendapatan per tahunnya US$ 41 ribu atau Rp 579 juta. Tingkat penganggurannya cukup tinggi, sekitar Rp 4,5 persen.

Selanjutnya, ada jurusan Seni Rupa yang rata-rata gaji setahunnya US$ 38 ribu atau kira-kira Rp 536 juta per tahun. Tingkat pengangguran bidang ini tingginya sekitar 4,5 persen.

Terakhir, ada jurusan Seni Rupa yang gaji rata-rata tahunannya adalah US$38 ribu atau Rp 536 juta. Kisaran tingkat penganggurannya adalah 3,6 persen. (edu/dtk)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com